Pengertian , manfaat dan cara membuat blog

A. Apa Itu Blog ?

Jika kita ingin menjadi seorang blogger, maka ada baiknya kita harus memahami apa arti blog itu sendiri. Blog pada dasarnya mirip dengan website, namun yang membedakan adalah blog lebih cendrung dimiliki oleh perorangan.

Sedangkan website cenderung di bangun dan dimiliki oleh perusahaan. Isi konten pada blog dan website juga cukup berbeda, blog biasanya berisi artikel yang berisikan informasi apapun yang kita cari, sedangkan web biasanya hanya menyediakan informasi atau input/output yang berkaitan dengan perusahaan pemilik web tersebut.

Informasi yang disediakan blog relatif bervariatif, tergantung tema (niche) yang disajikan oleh sang pemilik blog. Ada yang memilih membuat blog dengan tema campuran, atau blogger indonesia biasanya menyebutnya blog gado-gado.

Dan ada juga blog yang hanya menyediakan satu tema yang disajikan, contoh nya adalah blog yang khusus membahas tentang teknologi, berita, smartphone, software dan yang lainya.

1. Manfaat Blog Bagi Kehidupan

Berbicara mengenai manfaat blog bagi kehidupan, tentu kita juga harus melihat dari beberapa aspek. Yang pertama adalah manfaat bagi kita sebagai pengelola dan manfaat bagi user atau visitor.

Manfaat bagi pengelola adalah jika blog yang kita buat dan telah kita kelola dengan baik, maka kemungkinan besar akan mendatangkan banyak visitor. Dengan banyaknya visitor atau jumlah pengunjung yang ada pada blog kita, tentu itu akan mendatangkan income bagi kita.

Manfaat kedua yaitu bagi pengunjung, jika blog kita memiliki konten dan artikel yang berkualitas, maka kemungkinan besar para pengunjung tersebut akan berlangganan ke blog yang kita kelola, mereka akan menanti setiap update post terbaru dari blog yang kita lakukan karena mereka menganggap artikel yang ada di blog kita cukup berkualitas dan bisa menjawab setiap permasalahan yang mereka hadapi.

Jadi bisa dibilang kalau blog memang memberikan manfaat bagi kehidupan, khususnya bagi pemilik/ pengelola blog dan visitor/pengunjung.

2. Jenis Blog

Mungkin beberapa diantara kalian pasti sudah ada yang pernah melihat sebuah blog dengan domain .com. .blogspot.com atau .wordpress.com. Tiga domain tersebut menunjukan platform penyedia layanan blog dan TLD (Top level domain).

Blog dengan domain .blogspot.com dan .wordpress.com adalah jenis blog berdomain gratis, sedangkan blog yang menggunakan top level domain (TLD) itu bisa kita buat di blog yang awalnya gratis seperti blogspot dan wordpress namun diganti domainya dengan domain top level yang harus kita beli. Contoh https://helmykkediri.id

Jadi blog sebenarnya terbagi menjadi dua jenis yaitu blog yang menggunakan domain bawaan alias gratis, dan blog yang menggunakan domain TLD yang mengharuskan kita untuk membayar setiap tahun nya jika ingin memperpanjang.

Sebenarnya mau kita menggunakan domain gratisan atau domain berbayar TLD pun tidak terlalu berbeda, hanya saja blog yang menggunakan domain TLD terlihat lebih profesional. Namun itu tidak jadi pegangan jika blog yang menggunakan TLD ini bisa selalu page one. Terkadang blog dengan domain gratisan seperti blogspot dan wordpress bisa mendominasi halaman pertama pada mesin pencari.


B. Membangun Blog

1. Menentukan Tema (niche) Blog

Jauh sebelum kita membangun sebuah blog, ada baiknya kita tentukan terlebih dahulu tema apa yang akan di usung untuk blog yang akan kita buat. Hal ini cukup penting karena dengan mempunyai tema yang jelas maka blog yang kita buat akan menjadi terarah dan fokus ke satu topik pembahasan.

Namun pada kenyataanya, menurut pengalaman saya pribadi, ketika seseorang yang bisa dibilang sangat baru mengenal dunia blog maka biasanya akan cenderung ingin memiliki blog yang mirip dengan blog atau web mirip orang lain yang biasanya sering kita kunjungi.

Namun itu tidak salah, karena bagi seseorang yang belajar blogging secara otodidak, hal itu akan sangat membantu dan menambah pengetahuan seputar blog. Dari sana akan ada rasa penasaran, bagai mana membuat blog seperti ini, bagaimana cara membuat artikel, bagaimana supaya blog bisa banyak pengunjung dan pada akhirnya akan timbul sebuah pertanyaan yang saya yakin setiap blogger pasti pernah menanyakannya yaitu, bagai mana cara menghasilkan uang dari blog yang kita kelola meski menggunakan domain gratisan.

Tema atau Niche pada sebuah blog cukup menentukan nasib blog yang kita buat kedepan. Menurut beberapa sumber yang saya baca dari google, blog dengan tema kesehatan, smartphone dan teknologi masih sangat bagus untuk kita jadikan tema blog yang akan kita buat dikarenakan masih banyak pengguna internet yang haus akan informasi terkait tiga tema yang tadi saya sebutkan.

Namun tema yang saya sarankan bagi seseotang yang sangat baru dalam dunia blogging adalah “tidak mempunyai tema” atau blogger indonesia biasa menyebutnya dengan istilah Gado-gado. Blog dengan tema ini cukup mudah dikelola karena hampir semua informasi bisa kita masukan kedalam blog meski tema tiap artikel berbeda.

Yang penting gunakan label , kalau artikel membahas kesehatan berikan label kesehatan kalau bahas game berikan label game jadi penulis mudah menggolongan kategori artikel yang akan mereka buat

Misal di hari kemarin kalian membuat sebuah artikel tentang kesehatan dan hari ini kalian membuat  artikel tentang games. Dari sana juga kita sudah tahu bahwa dua artikel yang dibuat memiliki tema yang sama sekali berbeda. 

Namun itu tidak jadi masalah karena nantinya setelah kita membuat artikel dengan tema yang berbeda, maka kita juga akan terbiasa dengan pembagian kategori dan label pada blog yang kita kelola.

2. Membuat Blog di Blogger.com

Sebenarnya banyak web penyedia layanan blog gratis seperti blogger, wordpress dan yang lainya, namun untuk mempermudah kalian belajar tentang blog ini saya sarankan kalian untuk membuat blog pertama kalian di blogger.com.

Alasan logis kenapa saya mengarahkan kalian untuk belajar blog di blogger.com adalah karena blogger.com/blogspot adalah milik google. 

Dengan kata lain, meski blog yang kalian buat hanya untuk sebagai bahan pembelajaran, namun jika nantinya blog yang kalian buat telah jadi, dan kalian sudah bisa membuat artikel dengan baik, bukan tidak mungkin blog pertama kalian bisa dimonetisasi dan mendatangkan income yang menguntungkan

Selain itu, belajar blog di blogger.com bisa dibilang cukup mudah dan tidak seribet di wordpress.com. meski demikian jika kita belajar secara otodidak maka setelah kalian bisa mngotak-ngatik di blogger, tidak ada salahnya kalian untuk mencoba sesuatu yang baru dan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi lagi. ( mesin wordpress lebih SEO ketimbang blogger )

Berikut ini petunjuk cara membuat blog gratis di blogger.com.

A. Siapkan Email.

Sebelum kita membuat blog di blogger usahakan kalian sudah mempunyai email @gmail.com, jika belum silahkan buat terlebih dahulu.

B. Masuk Ke Blogger.com


Sebelum masuk ke gambar diatas kita klik terlebih dahulu bacaan Create Your Blog. Setelah muncul pop-up seperti gambar diatas, silahkan kalian isi bagian judul dan alamat, setelah itu pilih template mana yang ingin kalian gunakan, lalu klik buat.

Create Your Blog

C. Dashboard Blog

Setelah kalian selesai mengisi judul, alamat dan memilih template yang sesuai dengan keinginan kalian, Selanjutnya kalian akan dibawa masuk ke halaman dashboard, di halaman ini kita bisa mengotak-ngatik semua yang berkaitan dengan blog, mulai dari membuat artikel, membuat halaman, menyeting komentar, menyeting tata letak, mengganti tema/template blog, dan yang paling penting disini kalian akan belajar HTML sedikit demi sedikit.

Dashboard Blog

D. Blog Yang Telah dibuat

Pada bagian dasboard coba kalian klik ‘Lihat blog’, maka tampilanya akan seperti gambar dibawah, namun jika kalian menggunakan template yang berbeda, mungkin tampilanya tentu tidak akan sama seperti gambar dibawah.

Blog Yang Telah dibuat

Sebenarnya untuk template pada sebuah blog baru, saya sarankan kalian untuk menggunakan template default atau temlate bawaan, selain terasa lebih ringan, template ini juga fast loading dan responsif, sehingga tampilanya akan tetap bagus meski dibuka dari smartphone.

3. Siapkan halaman Service

Halaman services merupakan beberapa halaman yang sangat penting untuk dibuat dan diletakan pada menu navigasi pada blog kita. Halaman services ini berupa about (tentang), Contact (kontak pemilik/blog), Term of Service, Disclaimer (perlindungan tanggung jawab), privacy policy dan sitemap (daftar isi blog).

Semua halaman tersebut wajib kita buat jika memang ingin benar-benar serius menggeluti dunia blogging. Alasan utama pentingnya kita membuat halaman service adalah dengan adanya halaman yang disebutkan tadi, maka kemungkinan blog kita bisa dimonetisasi lebih besar, dan yang paling penting adalah blog kita terlihat lebih profesional.

Contoh pentingnya halaman service ini adalah adanya halaman disclaimer, dengan adanya halaman ini kita terbebas dari tanggung jawab jika pengunjung dan pembaca artikel pada blog kita mengalami kesalahan atau kegagalan. 

Halaman disclaimer ini dibuat untuk menunjukan bahwa setiap artikel yang dibuat diblog kita adalah hanya semacam referensi dan bukan menjadi acuan utama, sehingga apabila ada kesalahan yang dilakukan oleh pembaca karena mengikuti tutorial pada artkel yang ada di blog kita, kita tidak perlu khawatir karena sudah memiliki halaman disclaimer.

4. Buat Konten Blog

Konten blog bisa bermacam-macam dan bervariatif, tergantung keinginan sang pemilik blog tersebut ingin mengusung tema dan pembahasan apa yang akan dijadikan konten didalam blognya. Selain itu jenis konten juga bisa kita temukan dibeberapa blog, ada yang khusus membuat konten berupa artikel atau blog yang isinya berupa konten foto wallpaper, atau video.

Membuat Artikel Berkualitas. Membuat artikel sebenarnya terbilang cukup mudah, kita hanya tinggal mengetik dan klik publish, maka blog kita sudah mempunyai artikel. Namun yang akan kita bahas disini adalah, cara membuat artikel postingan blog yang baik dan berkualitas.

Kata berkualitas akan tersemat pada setiap artekel yang kita buat jika bisa membantu pengunjung menyelesaikan masalah, selain itu artikel berkualitas juga akan memberikan kepuasan tersendiri bagi sang pembaca artikel atau konten yang tersedia pada blog yang kita kelola.

Namun untuk bisa memahami cara membuat artikel berkualitas ini perlu pembelajaran, perlu pemahaman dan perlu praktek secara langsung. 

Namun pada artikel ini saya akan sedikit memberikan contoh cara pembuatan artike/postingan yang baik agar menghasilkan sebuah artikel atau tulisan yang berkualitas dan disukai oleh para pengunjung blog :

A. Buat judul dengan kata kunci yang manarik dan banyak dicari.

Pemilihan kata pada judul bisa menjadi salah satu faktor penting supaya blog yang kita kelola bisa banyak dikunjungi oleh para visitor baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Namun untuk bisa memperoleh banyak pengunjung dengan menggunakan judul yang menarik, kita perlu melakukan riset kata kunci, dan riset kata kunci yang paling mudah dilakukan adalah langsung di mesin pencari google.com, contoh :

riset kata kunci

Gambar tersebut adalah contoh riset kata kunci yang dilakukan dengan menggunakan search enggine google. Kata kunci yang saya ketik di sana adalah cara membuat, dan bisa kalian lihat ada lima kata kunci yang keluar yaitu cara membuat anak, cara membuat slime , cara membuat bakso dll

Dengan demikian kita bisa memiliki acuan sebelum membuat artikel dengan mencari terlebih dahulu kata kunci yang ada di posisi paling atas di mesin pencari google dan yang lainya.

B. Penyajian Tema

Apapun tema yang kita bahas pada blog , usahakan semua pembahasanya dijelaskan secara merinci dengan menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pengunjung.

Dan untuk bisa menyajikan tema yang baik dalam blog, kita juga harus pintar dalam membuat artikel agar mudah dipahami oleh pengunjung. Nah sebagai contoh, saya akan berikan sedikit perbedaan penulisan artikel yang akan membuat pengunjung/pembaca nyaman dan kurang nyaman di halaman selanjutnya.
 
Contoh I

‘Jika kalian ingin menyajikan sebuah tema yang baik, maka ada baiknya membuat sebuah postingan yang menarik, menggunakan gambar yang menjelaskan tentang masalah yang sedang dibahas dan usahakan memberikan penempatan tiap paragraf untuk kenyamanan saat membaca’.

Contoh II

‘Jika kalian ingin menyajikan sebuah tema yang baik, maka ada baiknya membuat sebuah postingan yang menarik, menggunakan gambar yang menjelaskan.tentang masalah yang sedang dibahas dan usahakan memberikan penempatan tiap paragraf untuk menambah kenyamanan saat membaca.

Manakah menurut kalian yang lebih nyaman untuk di baca, contoh satu atau contoh dua?

Selain dari pembuatan artikel yang semenarik mungkin, ada hal lain yang wajib kita lakukan dalam menyajikan informasi pada artikel kita.
 
Usahakan setiap artikel yang dibuat pada blog kita, membahas tema yang kita kuasai, jadi ketika nanti ada yang berkomentar dan menanyakan tentang permasalahan yang ia hadapi, maka kita dapat memberinya jawaban dan membantunya untuk menyelesaikan masalah.

Langkah selanjutnya adalah, sebelum kita membuat artikel dan menyajikan tema pada blog kita, usahakan untuk melakukan research terlebih dahulu sebagai bahan acuan, referensi dari web, blog, koran, buku, atau informasi langsung dari pakar akan sangat kita perlukan.

Jika kita bisa menjawab semua pertanyaan para pembaca, maka dipastikan mereka akan menjadi pengunjung tetap di blog yang kita kelola karena merasakan puas terhadap setiap artikel yang kita bahas, mungkin yang akan menjadi alasan utama mereka menjadi pengunjung tetap pada blog kita adalah, setiap artikel dengan tema tertentu yang diangkat akan bisa membantu setiap permasalahan yang mereka hadapi.

5. Mendaftarkan Blog Ke Search Enggine

Setelah kita berhasil membuat blog, membuat halaman service, dan membuat artikel, tentu bagi seorang blogger pemula akan sangat terkejut saat mereka mencari blog mereka di mesin pencarian karena tidak ditemukan. Hal ini pernah saya alami sendiri, karena saya berlajar secara otodidak.

Hal yang membuat blog dan artikel kita tidak muncul di mesin pencarian adalah kita belum mendaftarkan blog kita ke mesin pencarian tersebut. Mesin pencari yang ada pada internet sangatlah banyak, ada google, yahoo, bing dan yang lainya.

Namun tentu kita semua tahu jika diantara banyaknya mesin pencari, yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah google. Menyambung ke pembahasan awal, blogger/blogspot adalah milik google, maka dengan kata lain kita tidak akan kesulitan saat ingin mendaftarkan blog kita ke mesin pencarian google.

Sebenarnya ada banyak referensi dan tutorial yang bisa kalian cari di google secara otodidak . Namun bila kalian malas, maka tidak ada salahnya untuk meneruskan membaca postingan saya dihalaman lain :





Penutup

Belajar blog secara otodidak bisa dibilang gampang-gampang susah dan kadang semangat kadang terasa sangat malas, namun jika kita sungguh-sungguh, maka pasti akan bertemu dengan hasil yang memuaskan.

Kenapa saya bilang demikian? saat pertama kali membuat blog yang terfikirkan dibenak saya adalah bagaimana cara orang membuat blog, bagaimana cara mereka membuat software atau game bisa di download, dan yang terakhir, bagaimana cara mereka bisa menghasilkan uang dari blog.

Dan semua jawaban itu akhrinya bisa terjawab dengan ketekunan dan dengan rasa terus penasaran akan hal baru.

Pada akhirnya saya bisa mendapatkan ilmu yang sangat banyak seperti belajar HTML, CSS, Javascript, mengotak-ngatik template, memaksimalkan blog dan yang terakhir, bisa mendapatkan penghasilan dari blog lewat PPC (Pay per clic) dari google adsense serta berjualan ebook dengan harga murah namun mempunyai kualitas karena dibuat berdasarkan pengalaman.

Terimakasih telah menyumbang artikel di Blog Orang IT

Belum ada Komentar untuk "Pengertian , manfaat dan cara membuat blog"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel