Tips panduan sebelum membeli RAM laptop

TIPS TRIK YANG HARUS ANDA KETAHUI SEBELUM MEMBELI RAM 

Selamat Datang di Blog Orang IT . Random acces memory (bahasa Indonesia: memory penyimpanan acak sementara, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.

Membeli komponen RAM lebih mudah membandingkan nya dibandingkan dengan membeli komponen lain seperti layar , ups , cpu , power supply dan VGA . Namun bagi orang awam apalagi gaptek menganggap bahwa memilih memory RAM sangat membingungkan


1. SOKET & GENERASI

Tips sebelum membeli RAM laptop

RAM memiliki banyak generasi dari DDR1, DDR2, DDR3 dan yang terbaru DDR4.
Semakin baru generasinya maka kecepatanya akan 2x lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Sebelum membeli RAM, Coba lihat spesifikasi Motherboard anda apakah DDR2, DDR3, DD3L atau DDR4.

Jika anda bingung, anda bisa lihat spesifikasi Motherboardnya secara online atau lihat soket RAM nya, Di tengah-tengah soket ada angka sangat kecil yang menunjukan voltase RAM nya.

2.5V berarti DDR1
1.8V berarti DDR2
1.5V berarti DDR3
1.35V berarti DDR3L
1.2-1.3V berarti DDR4
Perhatikan baik-baik jangan sampai anda pasang RAM DDR3L untuk 1.5V DDR3 karena ada kemungkinan akan merusak RAM nya di karenakan Voltase yang berlebih.

2. KAPASITAS RAM

Tips panduan sebelum membeli RAM

RAM berfungsi sebagai Temporary Storage/Tempat Penyimpanan Sementara yang sifatnya Volatile.
Artinya jika tidak ada daya yang mengaliri komponen tersebut maka data akan hilang.
RAM berfungsi untuk menampung data-data yang nantinya akan di proses oleh CPU.

Seperti perangkat penyimpanan lainya, RAM juga memiliki kapasitas.
Jika di analogikan itu seperti Ruang Tunggu suatu rumah sakit, Semakin besar ruangan nya maka semakin banyak orang yang dapat di tampung di ruangan tersebut.

Perlu di ketahui jika komputer kalian kekurangan RAM maka system akan secara otomatis menggunakan HDD/SSD sebagai gantinya yang disebut dengan Page File. HDD/SSD itu jauh lebih lambat, Maka dari itu komputer akan terasa lambat juga saat itu terjadi.

” Ok, kalau begitu untuk aman nya saya akan membeli dengan kapasitas 32GB! ”

Lebih besar kapasitas nya tidak akan membuat komputer anda lebih cepat jika tidak digunakan.
Jadi jangan berlebihan terhadap kapasitas nya, Untuk orang biasa yang hanya browsing dan mengetik ,  4GB itu sudah di bilang cukup.

Sedangkan untuk PC Gamer 8GB sudah di bilang titik aman walaupun rata-rata system requirement suatu game membutuhkan 16GB ram.

Kenyataan nya rata-rata Game masih berjalan lancar dengan RAM sebesar 8GB ( Tentunya itu tergantung background process/program yang terbuka di latar belakang windows ).

Jadi jangan berlebihan dengan kapasitas RAM karena itu tidak akan membuat komputer anda jauh lebih cepat , bagi pengguna yang hanya sekedar ngeblog seperti saya tak ada bedanya antara RAM 8GB dengan RAM 16GB karena faktor kecepatan bukan hanya RAM

3. RAM SPEED (Mhz)

panduan sebelum membeli RAM

RAM memiliki kecepatan yang di lambangkan dengan Mhz, Semakin tinggi kecepatan nya maka secara teori maka performa nya akan lebih cepat.

Cek spesifikasi Motherboard anda, Jangan sampai anda membeli RAM yang terlalu cepat untuk Mobo anda karena nanti tidak akan Support.

Biasanya masalah tersebut sering terjadi untuk Mobo DDR3 yang lama, Kalau DDR4 walaupun RAM nya terlalu cepat system akan secara otomatis menurunkan Speed RAM nya agar komputer bekerja secara normal.

Berbeda dengan CPU lainya, Untuk AMD Ryzen semakin tinggi kecepatan RAM nya maka akan meningkatkan performa komputer anda terutama saat bermain Game.

Tidak hanya itu untuk CPU yang menggunakan Integrated Graphic seperti Intel HD atau AMD APU, Semakin tinggi kecepatan RAM nya juga akan meningkatkan performa komponen

Kenapa? Karena Integrated Graphic seperti Intel HD dan AMD APU tidak memiliki VRAM dan akan menggunakan RAM sebagai VRAM oleh karena itu semakin tinggi kecepatan RAM nya maka akan meningkatkan performa 

Namun dengan harga RAM yang sedang melambung tinggi sekarang ini lebih baik membeli RAM dengan kecepatan yang biasa saja 1333Mhz untuk DDR3 dan 2133Mhz untuk DDR4.

Mengapa? Karena berbeda dengan komponen lain walaupun anda mempunyai AMD Ryzen, Intel HD, atau AMD APU.

Membeli Memory berkecepatan tinggi hanya akan memberikan peningkatan performa yang sedikit/kurang signifikan, Berbeda dengan membeli CPU/VGA yang berkecepatan tinggi.

Di tahun sebelumnya ketika harga komponen PC masih normal memang membeli Memory berkecepatan tinggi itu masih Worth (Performa yang di berikan sebanding dengan uang yang di keluarkan) namun untuk sekarang, Tidak.

4. TIMINGS

sebelum membeli RAM

Timings adalah salah satu spek di RAM/Memory yang biasa di lambangkan dengan angka contoh 9-9-9-24.

Semakin rendah Timings suatu RAM maka semakin cepat RAM dalam menanggapi suatu Request.
Jangan di bingungkan dengan RAM Speed karena RAM Speed adalah kecepatan RAM dalam memproses data sedangkan Timings adalah durasi (Delay) RAM dalam menganggapi sebuah Request.

Akan tetapi RAM yang mempunyai Timings yang rendah biasanya akan mempunyai kecepatan yang rendah juga dan sebaliknya.

Jadi cobalah untuk membeli RAM dengan Timings dan Speed yang seimbang.

5. VENDOR

membeli RAM

Perlu anda ketahui, Pembuat chip RAM/Nand flash terbesar di dunia itu ada 3 yaitu Samsung, Jmicron dan Sky Hynix.

Merek RAM seperti Corsair, Avexir, Gskill, Dll memesan Chip RAM nya dari mereka.

“Hmm kalau begitu, membeli dari mana saja gak masalah dong?”

Tidak sepenuhnya benar juga, Sama seperti komponen lain RAM juga memiliki kelas/tingkatan.

Ada RAM seperti Corsair Dominator yang Chip RAM nya di binning (di pilih yang terbaik) sehingga dapat di overclock dengan kecepatan tinggi dan akan stabil saat digunakan dan ada juga yang biasa-biasa saja seperti merek V-Gen.

6. Memory Channel


Memory Channel ada dua yaitu Motherboard Channel dan Ram Channel.

Sama seperti Ram Channel, Motherboard juga memiliki Channel yaitu Dual Channel dan Quad Channel.

Secara teori Quad Channel Motherboard akan lebih cepat performanya jika di bandingkan dengan Dual Channel di karenakan memiliki Bandwidth yang lebih besar.

Apa itu Bandwidth?

Bandwidth adalah Lambang yang di gunakan untuk menunjukan jumlah data transfer.

Semakin besar Bandwidth suatu komponen maka secara Teori maka performanya juga akan semakin tinggi.


Motherboard Channel

Motherboard Channel

Untuk memastikan Channel suatu Motherboard bisa di lihat di spesifikasi Motherboard tersebut apakah Support Dual/Quad Channel.

Ciri-ciri lainya yaitu dengan melihat jumlah Slot Ram nya, Jika hanya 4 Slot maka biasanya mobo tersebut adalah mobo Dual Channel dan jika 8 maka biasanya mobo tersebut adalah mobo Quad Channel.

Motherboad Quad Channel biasanya adalah Motherboard kelas Enthusiast seperti Intel X99/299 Series dan Mobo Dual Channel biasanya Mobo kelas Consumer seperti B, H, Dan Z series.

Tentunya harga Motherboard Quad Channel akan lebih mahal dari Dual Channel.

Sama seperti Mobo, Ram juga memiliki Channel.


RAM channel

RAM channel

Anda bisa menentukan RAM channel dengan melihat berapa jumlah RAM dalam 1 Kit (Bungkus).

Jika ada 2 Keping berarti RAM tersebut adalah Dual Channel Kit, Jika 4 Keping Berarti adalah Quad Channel Kit.

Ciri-Ciri yg lain adalah dengan melihat Text di stiker RAM tersebut, Jika terdapat Contoh 2×8 maka RAM tersebut adalah Dual Channel dan jika 4×8 maka RAM tersebut adalah Quad Channel.


Dual Channel Vs Quad Channel

Dual Channel Vs Quad Channel

Motherboard Quad Channel jika RAM nya di isi semua maka akan memiliki Bandwidth yang lebih banyak/tinggi dari Mobo Dual Channel.

Memang secara Teori performanya akan lebih tinggi tapi secara Praktek perbedaan di antara keduanya tidak akan terasa/tidak signifikan.

Jika di Benchmark menggunakan Software tertentu, Quad channel memang akan menghasilkan Skor yang lebih tinggi dari Dual Channel.

Akan tetapi jika di gunakan untuk kegiatan seperti bermain Games, Video Editing atau 3D Rendering maka perbedaan nya sangat tidak terasa.

Pertanyaan Yang Sering Di Ajukan Tentang Memory Channel (FAQ)

1. anda bisa pasang Quad Channel Kit RAM di Dual Channel Motherboard dan sebaliknya

Perlu diketahui bahwa Memory Kit (RAM) sudah dibuat dan di optimisasi oleh Manufacture agar dapat bekerja secara optimal dengan Channel Mobo yg telah di tentukan.

Tapi bukan berarti anda harus membeli Dual Channel kit untuk Dual Channel Mobo atau Quad Channel Kit untuk Quad Channel Mobo.

anda bisa menggunakan 2x Dual Channel Kit RAM di Quad Channel Mobo dan biasanya Komputer akan bekerja dengan normal.

Atau anda bisa membeli 2 Single Channel Kit untuk di pasang di Dual Channel Motherboard dan Komputer biasanya juga akan berjalan normal di Dual Channel Mode.

Hmm? Kenapa “Biasanya” harus di bold dan cetak miring?

Well, Sebagai contoh ” saya mau install dual channel kit di quad channel mobo, Apa semua akan berjalan Normal? ” Jawabanya Mungkin (Probably)

Kenapa? Karena di RAM seperti yang sudah Blog Orang IT jelaskan ada 2 hal yang di sebut dengan Timings dan Speed.

Jika anda memasang 2 atau 4 RAM dengan Timings dan Speed yang berbeda maka biasanya 4 hal akan terjadi.
  • Komputer tidak akan tampil saat di hidupkan (No display)
  • RAM yang lebih cepat akan di turunkan kecepatanya mengikuti RAM yg paling lambat
  • Motherboard akan berjalan di Mode Single Channel (Di Dual channel/Quad channel Mobo) atau di Mode Dual channel (Di Quad channel mobo)
  • Performa Komputer tidak stabil
Jadi untuk aman nya belilah RAM Kit yang sesuai dengan Motherboard anda, Dual Channel Kit untuk Dual Channel Mobo dan Quad Channel Kit untuk Quad Channel Mobo.

2. Komputer akan meledak/rusak jika menggunakan RAM yang mereknya berbeda dengan satu sama lain (Di gabungkan)

Jika anda menggunakan RAM yang berbeda untuk 1 komputer contoh yang satu dari Corsair dan yang satu dari V-Gen maka Komputer akan MELEDAK!

Menggunakan RAM yang berbeda untuk 1 PC tidak akan membuat PC anda Rusak atau Meledak.

Jika anda menggunakan RAM yang berbeda maka terkadang Timings dan Speed nya juga akan berbeda maka 4 hal yang sudah Blog Orang IT jelaskan di atas biasanya akan terjadi.

Namun jika anda menggunakan 2 /4 RAM yang berbeda mereknya tapi mempunyai Timings dan Speed yang sama persis, Akan ada kemungkinan Komputer akan berjalan dengan Normal.

3. Blog Orang IT mau membeli RAM laptop, Berapa Mhz agar support Dual Channel?

Speed/Kecepatan RAM tidak ada kaitanya dengan Memory Channel.

Cukup membeli Dual Channel Kit maka Laptop anda akan berjalan di Mode Dual Channel.

4. Mobo Blog Orang IT terdapat 4 Slot, Blog Orang IT sudah install 2 keping RAM, Jika di tambah 2 lagi apa akan menjadi Quad Channel?

Tergantung Motherboard nya, Jika Motherboard tersebut adalah Quad Channel maka Mobo akan berjalan di Mode Quad Channel.

Jika Mobo nya Dual Channel, Ya maka akan tetap berjalan di Mode Dual Channel.

5. Jika Blog Orang IT memmembeli Quad Channel Kit dan Di pasang di Dual Channel Mobo, Apa akan berjalan di Mode Quad Channel

Hampir sama seperti pertanyaan di atas jawabanya tergantung Motherboardnya.

6. Blog Orang IT ingin menambah RAM, Tapi sudah terisi 1 Slot dan slot RAM cuma 2, RAM apa yang harus di beli?

Usakan membeli RAM yang sama persis dengan RAM yang sudah terisi tersebut atau untuk aman nya jual RAM yang sudah terinstall dan membeli Dual Channel Kit.

Belum ada Komentar untuk "Tips panduan sebelum membeli RAM laptop"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel