Pengertian domain dan jenis-jenisnya

Mengenal domain

Pengertian domain dan penjelasannya

Selamat Datang di Blog Orang IT. Setiap komputer yang terhubung dalam suatu jaringan memiliki IP Address agar dapat dikenali satu sama lain. Hanya saja, IP Address ini terdiri dari deretan angka-angka yang relatif sulit diingat. Oleh karena itu, diciptakanlah DNS (Domain Name System) supaya penyebutannya lebih mudah.

Untuk mengakses website, Anda tidak perlu lagi menuliskan IP Address. Cukup masukkan nama domain, semisal https://www.helmykkediri.com/, dan website akan muncul di hadapan Anda dalam sekejap. Nama domain ini sifatnya unik. Artinya, nama domain yang telah Anda daftarkan tidak dapat didaftarkan oleh orang lain.

Bayangkan website sebagai rumah dan nama domain sebagai alamat rumah Anda. Tanpa alamat tetap, bagaimana tamu bisa menuju ke sana? Nama domain menunjukkan siapa diri Anda di dunia online. Selain itu, nama domain yang tepat dapat meningkatkan citra Anda, terutama jika Anda berencana memulai bisnis.

Secara umum, Anda tidak memerlukan persyaratan khusus untuk mendaftarkan nama domain. Anda hanya perlu memilih nama domain, melakukan pembayaran, dan domain siap Anda gunakan.

Hanya saja, ada sedikit pengecualian untuk domain Indonesia. Domain Indonesia seperti .AC.ID, .SCH.ID, .CO.ID, .WEB.ID, .OR.ID, .MY.ID, serta .BIZ.ID membutuhkan unggahan dokumen tertentu sebelum dapat digunakan. Proses verifikasi dokumen ini membutuhkan waktu 1-3 hari kerja.

Tentang domain lengkap

gTLD (generic Top Level Domain) merupakan jenis top-level domain umum yang dapat digunakan untuk keperluan apa saja. Ada empat ekstensi yang termasuk dalam kategori ini: .COM, .NET, .ORG, dan .INFO. Sementara itu, istilah domain Indonesia merujuk pada nama domain dengan identitas Indonesia, disimbolkan dengan huruf "ID". Ekstensi domain seperti .ID, .CO.ID, serta .WEB.ID termasuk dalam kategori ini.

Setelah didaftarkan, nama domain memiliki masa aktif minimal selama satu tahun. Selanjutnya Anda perlu melakukan perpanjangan agar domain tersebut tidak expired (jatuh tempo) dan terhapus dari registart. Jika terhapus, domain Anda akan dilelang dan dapat didaftarkan kembali oleh orang lain.

Mengingat banyaknya pengguna internet saat ini, sangat wajar apabila nama domain yang Anda inginkan sudah tidak tersedia atau sudah didaftarkan oleh orang lain. Apabila Anda mengalami hal ini, Anda dapat mendaftarkan nama domain menggunakan domain .ID untuk Indonesia atau promo domain murah seperti .XYZ.

Proses pointing domain umumnya memerlukan waktu beberapa menit hingga maksimal selama 1 x 24 jam. Waktu ini kami gunakan untuk mengecek semua persyaratan yang diperlukan. Setelah pengecekan selesai, staf kami akan langsung mengaktifkannya untuk Anda.

Nama domain berikut ekstensinya dapat menggambarkan siapa diri Anda . Lebih jauh lagi, nama domain dapat memberi gambaran bagi para pengunjung seperti apa website yang Anda miliki. Ketahui terlebih dahulu apa tujuan pembuatan website, pilih nama yang Anda sukai, serta tetapkan ekstensi yang sesuai adalah langkah yang kami sarankan sebelum membeli daftar domain yang tepat untuk Anda

Jenis-jenis domain berdasarkan popularitasnya

Nama domain komersial terpopuler di dunia. .com

Nama domain untuk networking,website, hingga aplikasi. .net

Nama domain yang tepat untukorganisasi sosial / nirlaba. .org

Nama domain yang mudah diingat untuk portal informasi. .info

Nama domain yang didedikasikan untuk bisnis. .biz

Top level domain Indonesia untuk personal dan institusi. .id

Nama domain untuk perusahaan berbentuk CV / PT di Indonesia. .co.id

Nama domain untuk personal pemegang KTP Indonesia. .web.id

Nama domain untuk website sekolah SD,SMP,SMA dan sederajat. .sch.id

Nama domain untuk organisasi terdaftar di Indonesia. .or.id

Nama domain gTLD terpopuler di dunia, untuk semua generasi .xyz

Nama domain untuk melakukan terobosan ke level lebih tinggi. .top

Nama domain yang sempurna untuk berbagai kompetisi. .win

Nama domain untuk klub fitness,olahraga, hiburan, sebut saja!. .club

Untuk website yang menghubungkan produk, jasa atau masyarakat .link

Tips memilih nama domain

  • Pilih nama domain dengan kata-kata pendek dan sederhana. Cara ini akan membuat domain Anda semakin mudah diingat.
  • Dapatkan domain yang Anda inginkan melalui menu Cek Domain. Niagahoster namecheap godaddy dll menyediakan ratusan ekstensi domain yang bisa Anda pilih dengan mudah!
  • Sebaiknya hindari penggunaan tanda hubung & angka serta karakter non-unicode dalam nama domain. Anda tidak ingin nama domain yang sulit diingat, bukan?
  • Beli domain murah adalah investasi. Amankan nama domain yang sama dan variasikan dengan ekstensi berbeda guna melindungi brand Anda di dunia online.
  • Jika Anda menargetkan pengunjung dari Indonesia, pastikan nama domain tetap relevan dengan mereka
  • Jika perlu, Anda dapat menyembunyikan nama, email, alamat, serta nomor telepon dari informasi WHOIS. Langkah ini memperkecil peluang pembajakan serta spam pada domain Anda.
  • Kata kunci pada nama domain sangat disarankan untuk meningkatkan performa SEO website Anda. Pastikan Anda juga melakukannya.
  • Nama domain menarik biasanya lebih cepat terjual. Karenanya, beli domain unik Anda sekarang juga!

Belum ada Komentar untuk "Pengertian domain dan jenis-jenisnya"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel