Hal yang dilakukan sebelum menjual smartphone

Selamat Datang di Blog Orang IT . Banyak orang memutuskan untuk menjual smartphone nya dengan berbagai alasan misal ingin membeli smartphone baru , smartphone nya sudah rusak, sering bootlop , atau karena butuh uang demi bayar hutang hehe sebelum menjual smartphone pastikan anda sudah teliti bahwa ponsel bekas anda sudah siap untuk dijual jangan sampai ketika ponsel sudah dijual ternyata didalamnya ada foto rahasia yang seharusnya dihapus namun kelupaan atau beberapa aplikasi masih terhubung kelayanan akun seperti gmail masih terhubung, wah bisa-bisa blog helmykkediri.id berpindah tangan ke akun orang lain

Namun mereka pura-pura tidak tau apa-apa bisa saja kan ? akhirnya hidup anda tidak tenang hehe secara prosedur memang ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menyerahkan smartphone kepada pemilik yang baru

Dalam smartphone milik pribadi biasanya terdapat banyak data rahasia seperti foto , video , file arsip , layanan akun dll ketika ponsel dijual akan sangat berbahaya jika sampai  pemilik yang baru menyalah gunakan nya . . . . dahulu teman saya pernah menjual ponsel tanpa sengaja akun BBM nya masih terhubung alhasil pengguna baru menggunakan akun BBM tersebut untuk kegiatan iseng nya

Dalam hal ini tentu saja nama baik teman saya yang dirugikan, ketika ditanya pembeli bisa saja mengatakan tidak tau atau tidak mengerti namun sebagai pemilik akun asli kita merasa hanya dismartphone yang dulu dijual saja yang kelupaan dilogout akun BBM nya

Hal yang Dilakukan Sebelum menjual Smartphone

Apa saja yang harus dilakukan? Berikut ini daftarnya.

1. Enkripsi Data

Hal yang dilakukan sebelum menjual smartphone

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menjual smartphone android adalah dengan melakukan enkripsi data. Enkripsi data adalah salah satu cara supaya data Anda tidak bisa diambil oleh orang lain. Anda dapat menemukan fitur encrypt di smartphone.

Cara kerja fitur ini adalah dengan mengacak data kemudian dikunci menggunakan pola kriptografi khusus. Dengan begini, data yang ada di dalam smartphone tidak akan bisa dibuka orang lain karena perlu menggunakan kunci.

Untuk melakukan hal ini mudah sekali. Anda hanya perlu membuka menu Settings > Security kemudian pilih Encrypt Phone atau Encrypt Device.

Tunggu fitur ini bekerja sampai selesai. Jika proses sedang berjalan dan Anda tiba-tiba menghentikannya maka data kemungkinan tidak bisa Anda buka karena corrupt.


2. Factory Reset

Factory reset adalah mengembalikan kondisi smartphone seperti semula dari aplikasi terinstall, file, dan lain sebagainya. Dengan demikian smartphone Anda akan seperti baru lagi atau keadaan nya sama seperti baru keluar dari pabrik.

Selain digunakan untuk menghapus data sebelum smartphone dijual, factory reset juga dilakukan untuk menyelesaikan berbagai masalah kerusakan aplikasi

Cara untuk melakukan Factory Reset adalah dengan mengunjungi menu Settings kemudian pilih Backup & Reset lalu pilih Factory Data Reset. Jika ingin menghapus semua datanya maka ceklis pada pilihan Erase Stored Content.

Dalam sekejap semua data-data dan software yang telah Anda simpan dan install akan hilang semuanya. Smartphone Anda akan kembali bersih seperti ketika Anda baru membelinya. 


3. Backup Data

Hal yang dilakukan sebelum menjual smartphone1

Backup data dilakukan agar seluruh data di smartphone yang telah susah payah Anda dapatkan tidak hilang. Melakukan backup data perlu dilakukan, alasannya supaya nanti jika butuh datanya lagi, Anda bisa menyimpannya kembali di smartphone Anda.

Berbagai file yang harus di-backup seperti video, foto, kontak, dan apa saja file yang menurut Anda penting. Apabila yang akan Anda backup adalah data yang kecil seperti kontak coba gunakan sinkronisasi Google saja

Caranya adalah dengan membuka menu Settings lalu pilih Accounts > Google > nama akun Anda.

Kemudian nyalakan opsi Sync untuk seluruh layanan google supaya ketika nanti ganti smartphone, data milik Anda akan langsung sinkron karena ditransfer langsung ke smartphone baru dari server google

Sementara itu, untuk file lain yang ukurannya besar seperti video atau foto bisa dengan cara lain. Cara paling mudah adalah disalin ke microSD lalu simpan di komputer.

Atau bisa juga disimpan di Cloud ( penyimpanan awan ) setelah sebelumnya dipindahkan ke komputer. Cara lainnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi, salah satunya bernama Titanium Back Up.

Cara Backup Data dengan Titanium Backup

Untuk bisa menggunakannya, hp android milik Anda harus sudah di-root. File apa saja bisa.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya fitur penjadwalan backup data sehingga membuat data Anda selalu aman.

Anda bisa mendownload Titanium Backup Google Play Store terlebih dulu.

Langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini sebagai berikut.

**Install lalu jalankan aplikasinya. Ketika aplikasi dibuka pertama kali Anda harus mengizinkan aplikasi melakukan akses root.

**Sesudah itu aktifkan USB Debugging di smartphone Anda. Caranya dengan klik menu Settings kemudian pilih About Phone dan klik Build Number beberapa kali hingga muncul tulisan ”You are under developer mode.

**Masih di dalam cara aktifkan USB Debugging. Sekarang kembali ke menu Settings kemudian nanti akan muncul menu baru, yaitu Developer Options kemudian centang pilihan USB Debugging.

**Lalu pilih file yang akan Anda backup dengan klik tab Backup/Restore dan pilih mana aplikasi yang akan dibackup. Jika akan backup semuanya pastikan tidak ada tanda segitiga warna kuning pada aplikasi.

**Lanjutkan dengan klik Menu lalu pilih Batch Actions. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk backup data sebelum menjual smartphone android antara lain aplikasi Easy Backup & Restore, Helium – App Sync and Backup, Backup Your Mobile, App Backup & Restore, dan aplikasi lainnya.


4. Keluarkan Sim Card

Sebelum menjual smartphone android pastikan Anda mengeluarkan SIM card yang digunakan. Meski ini hal sepele tapi banyak orang lupa melakukannya.

Jika lupa maka Anda harus membeli SIM card baru dan akhirnya harus mengganti nomor Anda. Bagaimana jika semua kontak disimpan di dalam SIM card tersebut?


5. Keluarkan Kartu Memori

Hal yang dilakukan sebelum menjual smartphone2

Kartu memori termasuk bagian paling penting dari sebuah smartphone karena berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai file. Jika di dalamnya tersimpan banyak data pribadi yang penting ataupun memiliki nilai historis tersendiri pasti sangat disayangkan jika sampai tertinggal

Maka dari itu lakukan pengecekan dengan seksama dari luar sampai dalam smartphone sebelum menjualnya.


6. Unroot

Jika hp milik Anda sudah di-root maka lebih baik untuk di-unroot kembali. Salah satu alasan kenapa Anda harus melakukan unroot sebelum menjual smartphone karena harga jual hp yang sudah di-root akan berkurang.

Cara paling mudah untuk unroot smartphone android adalah dengan aplikasi khusus untuk yang fungsinya memang meng-unroot . Berikut ini dua aplikasi unroot yang bisa digunakan.

Setelah mendownload dan menginstall aplikasi ini langsung buka aplikasinya. Selanjutnya klik pilihan Menu dilanjutkan dengan memilih Uninstall KingRoot.

Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa setelah melakukan unroot Anda tidak punya akses root lagi, jika setuju langsung saja klik Continue. Sesudah itu tunggu prosesnya berjalan. Selesai.

Apabila sudah terinstall maka langsung buka aplikasinya. Anda bisa cari aplikasi ini di Google Play Store. Kemudian klik menu Settings selanjutnya pilih opsi Full Unroot.

Sesudah itu akan ada notifikasi untuk mengonfirmasi bahwa Anda setuju dengan kebijakannya. Selanjutnya klik saja Continue.

Selanjutnya tunggu hingga prosesnya selesai. Sesudah itu nanti smartphone akan restart sendiri jika unroot sudah selesai.


7. Cek Kelengkapan Android

Agar harga jual dari smartphone Anda tinggi maka semua aksesorisnya harus lengkap. Antara lain buku-buku panduan, box, kabel data, charger, earphone, sampai kartu garansi jika masih ada.

8. Bersihkan Debu

Hal yang dilakukan sebelum menjual smartphone3

Supaya tampilan smartphone android terlihat bagus maka semua debu yang menempel harus dibersihkan. Harga jual juga bisa lebih meningkat ketika kondisi barang masih bagus

Beberapa bagian yang perlu dibersihkan antara lain di bagian layar, port jack, port Micro USB, microphone, speaker, dan earphone. Pastikan semua bagian yang memiliki lekukan atau rongga bersih dari segala debu.

Selengkapnya : Cara membersihkan layar smartphone

Ada banyak sekali pilihan tempat untuk menjualnya. Jika tidak mau repot maka jual saja ke counter hp yang menerima hp second tapi mungkin harganya tidak akan terlalu tinggi karena mereka juga mencari untung banyak ketika menjualnya kembali.

Pilihan lainnya adalah Anda bisa membuat iklan mengenai smartphone yang akan dijual. Simpan di berbagai tempat belanja online favorit seperti di Tokopedia, Blibli, FJB Kaskus, dan OLX agar bisa bertemu secara langsung dengan pembelinya.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang dilakukan sebelum menjual smartphone"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel