Perbedaan antara windows 10 versi home dan pro

Selamat Datang di Blog Orang IT . Mungkin anda baru saja membeli laptop dan sebelumnya berniat mengupgrade windows 10 namun ketika mendownload file ISO anda dibingungkan dengan versi home dan versi pro . Kira-kira mana versi yang cocok untuk pekerjaan anda didepan laptop sehari-hari ? 

Bagi pengguna komputer rumahan , menggunakan windows 10 edisi home adalah pilihan terbaik karena tidak seperti edisi home pada windows sebelumnya kini versi home di windows 10 juga dilengkapi dengan banyak fitur menarik lain nya seperti cortana , windows hello , dan Universal Apps seperti Edge, Groove, Foto, Mail, Action Center. selain itu masih banyak fitur lain yang cukup populer dikalangan pengguna windows ditambahkan keversi home

Perbedaan windows 10 versi home dan pro
Satu-satunya kekurangan windows 10 yang saya tau adalah hilangnya kontrol pengguna ketika terjadi windows update , seperti kita tau windows sama dengan antivirus mereka selalu mengupdate beberapa engine dan aplikasi versi terbaru . Saya sendiri mengupdate windows secara manual setiap seminggu sekali , dan itupun ada saja program bundle yang harus didownload dan di install

Kembali ke topik postingan mengenai perbedaan antara windows 10 versi home dan versi pro

Windows 10 edisi home juga dikenal sebagai edisi Core dan merupakan jalur upgrade dari Windows 8 / 8.1 atau Windows 8 / 8.1. Edisi ini tidak termasuk fitur bisnis premium tertentu seperti Domain Join, Hyper-V, Group Policy Editor, Remote Desktop, Paket Bahasa atau BitLocker Drive Encryption. 

Windows 10 Pro adalah edisi bisnis premium yang mendukung kemampuan canggih seperti dukungan multi-prosesor, hingga 2 Tbs RAM, Domain Join, Jaringan Backup, Group Policy, Remote Desktop dan Hyper-V. Ini adalah penerus untuk Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 8 / 8.1 Pro.

Kustomisasi Windows Update

Windows 10 edisi home merangkul arsitektur berorientasi layanan Microsoft. Pembaruan dan perbaikan yang wajib ada, dan Anda memiliki sedikit pilihan atas menginstal windows. Rilis pembaruan Anniversary tahun 2016 dibuat update penginstalan lebih mudah dengan fitur seperti Jam Tayang dan Restart Options . Di luar itu, tidak ada banyak lagi yang dapatkan ketika anda menginstal pembaruan perangkat lunak komputer Anda .

Di sisi lain, Windows 10 Pro memiliki toolbox pilihan. Meskipun secara default mirip dengan Windows 10 edisi Home, kontrol Pro menawarkan lebih atas Pembaruan Windows Anda. di Automatic Update di Windows 10 Home tidak bisa dimatikan, sedangkan di versi pro bisa kamu defer (ditunda) hingga maksimal 8 bulan.. 

Dalam rilis saat ini dan sebelumnya, Anda bisa mengkonfigurasi opsi ini melalui editor Group Policy; sebuah fitur yang menguntungkan Untuk pengguna seperti saya, pilihan jeda adalah tambahan yang menarik, karena fitur ini bisa menghemat kuota internet saya.

BitLocker driver Enkripsi

Fitur lain yang masih kurang dalam Windows 10 Home adalah BitLocker Drive Encryption . Beberapa tahun yang lalu, sistem operasi tidak pernah dibekali dengan Firewall karena dianggap terlalu rumit dan mengganggu. Bahkan, Windows XP edisi Home awalnya tanpa dibekali dengan Windows Firewall . 

Baru pada peluncuran Windows XP SP2 diaktifkan, sementara di Windows Vista edisi Home pengguna disuruh memilih sendiri antara mengaktifkan firewall atau menonaktifkannya.
Jika Anda membeli Microsoft Surface Pro atau Surface Book, perangkat ini menggunakan edisi Pro Windows 10 dan BitLocker diaktifkan secara default. 

Saya yakin Microsoft tidak menargetkan perangkat baik ini sebagai semata-mata untuk bisnis, pengembang atau organisasi besar. Bahkan, banyak dari testimonial di halaman Facebook Microsoft Surface justru dari konsumen yang menggunakan perangkat ini di rumah.

Hyper-V

Sebenarnya Hyper-V tidak hanya disediakan Windows Server saja, Windows lain seperti Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 termasuk Windows 10 juga menyediakan fitur Hyper-V. Hanya tentu saja tidak semua Window tersebut menyediakan fitur tersebut, hanya yang versi 64 bit saja yang menyediakan fitur Hyper-V ini. 

Jadi apabila Anda akan setup Windows 10 dan ingin memasang beberapa sistem di komputer Anda, maka Anda harus menggunakan Windows 10 64 bit supaya tersedia fitur Hyper-V. Microsoft Windows 10 menyediakan banyak tools yang dapat digunakan untuk mengatur atau memanage kerja sistem operasi komputer Anda. 

Apa sebenaranya fungsi Hyper-V? anda lihat dibawah ini:

- Membuat dan memanage child partisi untuk sistem operasi (32-bit (x86) dan 64-bit (x64)

- Membuat VM yang dapat menggunakan SMP untuk mengakses 2, 4, atau 8 cores

- Membuat VM yang menggunakan lebih dari 1TB physical memory. Windows server virtualization dapat melakukan ini karena dibangun diatas 64 bit. Tepatnya 64bit HV, 64 bit virtualization stack dan lain – lain.

- Support direct pass-through disk access untuk VM untuk menyediakan berbagai macam read/write performance. Storage terkadang menjadi bottleneck untuk sebuah mesin, dan dengan virtual disk ini akan dapat membuat bottleneck di Windows Server virtualization tidak ada.

- Supports hot-add access ke berbagai form storage, maksudnya anda dapat membuat virtual storage load dan memanagenya dynamically.

- Supports dynamic addition dari virtual NIC dan mengambil keuntungan dari underlying virtual
Inclide tools untuk migrating virtual server workload ke windows server virtualization. Maksudnya system anda sekarang di virtual server tidak akan gagal.

Built-in solusi virtualisasi seperti Hyper-V dapat menjadi solusi utama untuk masalah kompatibilitas dengan aplikasi yang lebih tua . fitur di Hyper-V tampaknya ditargetkan pada pengguna pemula tidak terbiasa dengan fitur tersebut.

Paket bahasa

Paket Bahasa Antarmuka (LIP) Windows 10 dapat diinstal pada versi 32-bit maupun 64-bit dengan syarat bahasa induk yang valid sudah diinstal. Misalnya, LIP Catalan dapat diinstal hanya jika bahasa Spanyol (es-ES), Inggris (en-US), Inggris Inggris (en-GB), atau Prancis (fr-FR) sudah diinstal.

LIP harus diinstal pada sistem operasi yang didukung. LIP Windows 10 tidak dapat digunakan pada Windows 8.1/8/7, demikian pula LIP Windows 8.1 tidak dapat digunakan pada Windows 7.

Fitur Lainnya dari Windows 10 Pro

Munculnya BYOD telah mengubah dinamika bagaimana kita menghitung. Ini tidak aneh bagi Anda untuk menggunakan perangkat Android atau iOS yang sama di tempat kerja untuk mengakses sumber daya pada Exchange, Microsoft Tim , SharePoint atau onedrive untuk Bisnis.

Fitur seperti Domain gabungan , Jaringan Backup, dan Enkripsi File terutama digunakan dalam lingkungan bisnis; tidak semua harus dianggap sebagai bisnis, tentu bisnis yang ditargetkan. Sekali lagi, Enkripsi File dan Jaringan Backup mungkin benar-benar berguna untuk melindungi file sensitif atau back upfile yang berharga untuk anda. 

Remote Desktop adalah fitur lain termasuk dalam edisi Pro dan Home menawarkan  Assist Cepat, Remote Desktop jauh lebih fleksibel dan benar-benar bisa menjadi alat dukungan yang lebih baik.

Harga, Dukungan, Privasi, dan Keamanan

Microsoft mengharapkan pengguna edisi home untuk meng-upgrade ke setiap revisi dari Windows 10 home yang tersedia. Sementara itu, pengguna Pro diberi tenggang waktu yang lebih besar, yang memungkinkan mereka untuk melewati revisi dari operasi sistem hingga satu tahun. hak dukungan yang lebih baik juga ; Anda dapat men-download pembaruan hingga 6 bulan setelah Microsoft meluncurkan revisi.

Privasi adalah bidang lain yang mungkin menjadi titik jual untuk Windows 10 Pro di masa depan. Microsoft perlu untuk menguangkan Windows 10 dalam beberapa cara untuk memperoleh pendapatan. Itu bisa dimengerti jika perusahaan perlu membayar insinyur perangkat lunak untuk terus mengembangkan rilis baru. 

Pengguna menjalankan Windows 10 Home kadang-kadang akan melihat bahwa menu Start akan mengiklankan aplikasi Anda dapat men-download dari Store . Penambahan seperti ini sulit untuk menyingkirkan dan bahkan mungkin menjadi wajib dalam rilis mendatang.

Kesimpulan

Kalau anda pengguna rumahan, siswa, mahasiswa, atau karyawan kantoran, maka jika ada budget lebih paling pas memilih Windows 10 Pro. Selain lebih leluasa mengatur update, bisa akses ke beberapa tools seperti Group Policy, Windows 10 Pro juga memiliki business experience yang lebih lengkap.

Namun jika budget anda terbatas, maka Windows 10 Home juga sudah cukup memenuhi kebutuhan harian. Hal ini karena core experience Windows 10 Home sama seperti versi Windows 10 lainnya yang lebih mahal.

Jika anda ingin menggunakan Windows 10 untuk fasilitas kantor sekelas enterprise, maka Windows 10 Enterprise paling tepat untuk digunakan karena memiliki security dan fitur manajemen yang lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan antara windows 10 versi home dan pro"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel