Daftar layanan uptime untuk memantau server website

LAYANAN UPTIME UNTUK MEMANTAU KESEHATAN SERVER WEBSITE ANDA


Selamat Datang di Blog Orang IT . Khusus pemakai self hosted ketika membeli sebuah hosting anda akan melihat jaminan uptime yang angkanya tidak pernah 100% selalu uptime artinya website anda bisa down sewaktu-waktu diakibatkan karena ada pembaharuan sistem , backup data dilayanan server sampai overload . Website down tidak bisa diakses adalah sebuah pengalaman yang biasa bagi pengguna dan pemilik website hanya saja ketika down nya terlalu sering nantinya bisa memperburuk seo website anda dan bisa juga menjadi indikator bahwa kualitas server tempat menyewa hosting anda buruk .

Tidak ada layanan yang menjamin servernya selalu uptime 100% paling tinggi hanya 99% koma sekian nah jangan terlalu percaya dengan angka-angka dihalaman promosi kita bisa mengetahui kapankah situs kita mengalami down setiap saat dengan layanan uptime , layanan ini efektive untuk mengetahui bagaimana performa layanan server 

Dalam internet setiap detik adalah waktu yang berharga , umumnya dalam perangkat mobile batas kecepatan website termuat sempurna adalah 1 detik sementara dalam perangkat dekstop adalah 3 detik jika website anda sering down pasti menimbulkan pengalaman buruk bagi pengguna nya lebih jauh lagi ketika proses perayapan oleh google bot dan website anda sedang down berarti anda akan mengalami penundaan index , rugi kan ? website yang selalu uptime menjadi indikator penting dalam seo selain itu menunjukkan batasan kekuatan dari hosting anda


Google selalu mengutamakan pengalaman pengguna nya jika website anda lemot apalagi sering down cepat atau lambat pasti disingkirkan oleh google melalui algoritmanya secara otomatis jangan berharap terlalu tinggi jika anda menggunakan shared hosting hehe seperti kita tahu hosting yang dipakai bersama-sama pasti lebih rentan terkena down jika trafiknya membludak secara tiba-tiba karena resource nya dibagi

Berdasarkan survey google khususnya pengguna chrome browser yang dipasangi alat pelacakan , penundaan selama lebih dari 2 detik sudah mempengaruhi minat ketertarikan pengunjung untuk melanjutkan aktivitas browsing ke web tujuan , website down dipengaruhi oleh banyak hal
Dari pengguna yang menggunakan wifi misal IP nya bentrok sehingga crash , layanan SSL nya juga gagal dimuat sehingga down , layanan domain permintaan gagal diproses , kualitas hosting dimana sedang overload atau server lagi maintance , resource yang banyak dalam website misal plugin theme script tambahan iklan yang membuat loading blog berat sehingga membuat cpu overload dan otomatis down juga

Pengertian layanan uptime

Ada beberapa jenis pelacakan uptime dimana robot akan melakukan ping setiap waktu yang ditentukan misal setiap 1 menit / 5 menit / 1 jam / 3 jam untuk memantau keberlangsungan website jika dalam satu hari terdapat banyak request data yang gagal diproses down nanti akan ditampilkan dalam laporan uptime jadi anda bisa tau kapan saja dan berapa kali dalam sehari blog anda mengalami down

Jika down terlalu banyak jangan marah-marah dalam support live chat , tanyakan apakah server sedang maintance atau update keamanan sistem karena jika penyebab downya sendiri berasal dari keterbatasan kapasitas hosting yang anda sewa atau karena plugin yang tidak dapat bekerja berarti masalahnya secara internal pada website anda

Ada beberapa alat yang paling umum digunakan untuk memantau uptime situs secara gratis. Tergantung pada anda untuk menentukan fitur mana yang sesuai untuk selalu memonitor situs Anda setiap waktu secara real time.

Berikut 7 Alat untuk Memantau Uptime Situs Anda

1. Uptime Robot

Daftar layanan uptime untuk memantau website

Uptime Robot adalah salah satu alat yang paling populer untuk memantau uptime situs dan server. Salah satu highlights dari Uptime Robot adalah kemungkinan menggunakan server di beberapa lokasi, termasuk server di Indonesia.

Selain mencatat uptime, Uptime Robot juga mencatat waktu respon, juga memeriksa kinerja stabilitas server. Dengan datacenter di Indonesia, hasilnya jauh lebih dekat dengan pengguna yang mengakses situs yang dihosting di negara kita.

Alat ini tersedia dalam dua mode, gratis dan berbayar. Ada kemungkinan untuk mengkonfigurasi Uptime Robot untuk memantau server setiap 5 menit melalui 50 monitor, tanpa membayar apapun untuk itu.

Catatan dapat disimpan selama 2 bulan dan selama 1 tahun dalam versi berbayar, yang menawarkan tambahan seperti notifikasi SMS dan interval pemantauan yang lebih pendek.

Jika anda membayar untuk memasang UptimeRobot di situs anda dan melacak uptime yang dijanjikan oleh perusahaan hosting anda.

2. Pingdom Server-Monitor

Daftar layanan uptime untuk memantau website1

Layanan lain untuk memantau uptime situs yang sudah populer adalah Pingdom. Alat ini memungkinkan anda untuk memantau aktivitas pengunjung ke situs secara real time, serta melakukan analisis data.

Tool ini juga menghitung waktu yang dibutuhkan setiap halaman untuk memuatkecepatan situs, dari pengalaman pengguna.

Pingdom tool juga mendeteksi kecepatan situs dari berbagai negara, menyediakan halaman dan sumber lalu lintas yang paling banyak diakses serta dapat mengetahui browser yang digunakan.

Pingdom memiliki teknologi yang cukup untuk menawarkan dukungan terbaik bagi mereka yang ingin mengoptimalkan situs. Semuanya bisa Anda gunakan secara gratis untuk memantau uptime situs dengan cara yang paling mudah.

3. GTMetrix

Daftar layanan uptime untuk memantau website3

Sebagian orang menganggap situs ini sebagai alat uji kecepatan situs saja, karena situs ini cukup populer. Namun ketika situs Anda mengalami down, maka tool ini akan menampilkan tampilan server eror.

GTmetrix merupakan tool online yang cukup baik dalam memantau uptime site anda dengan grafik yang mudah untuk dimengerti.

Cukup masukkan link di GTmetrix , selanjutnya alat ini akan melakukan scan pada seluruh situs dalam hitungan menit. Terdapat penilaian dari “A” sampai “F”, “A” menjadi yang tertinggi dan “F” paling bermasalah.

Di sini anda dapat memasukkan hingga empat situs untuk menganalisa hasil yang lebih baik, dari sisi SEO maupun penggunaan kode di blog yang memuat waktu loading situs Anda.

4. StatusCake

Daftar layanan uptime untuk memantau website4

StatusCake adalah alat lain untuk memantau uptime situs. Selain memantau situs, ini juga menghitung uptime aplikasi web dan / atau seluler anda.

Di antara perbedaannya adalah presentasi grafis pada kecepatan halaman yang dihitung dengan nominal sepuluh, dua puluh atau lima puluh orang yang mengakses situs secara bersamaan.

Tool ini adalah alat yang cocok bagi Anda yang ingin memperbaiki blog atau situs web untuk kinerja yang lebih baik . Jika anda memilih versi  berbayar, anda akan memiliki fitur lengkap untuk menganalisis situs anda.

5. Monitor AppBeat

Daftar layanan uptime untuk memantau website5

AppBeat Monitor adalah solusi berbayar untuk memantau uptime situs web atau layanan online. Tool ini memungkinkan untuk mengukur indikator utama kinerja situs dengan menyediakan tautan dari situs manapun di dunia.

Variabel yang dianalisis adalah waktu koneksi serta waktu yang dibutuhkan untuk memuat byte pertama dan total waktu pemuatan situs.

6. Monitis

Daftar layanan uptime untuk memantau website7

Monitis adalah layanan TeamViewer (remote), dan bekerja seperti layanan uptime situs yang disebutkan diatas dengan cara berbayar.

Jumlah minimum yang harus dibayar untuk menggunakan alat ini adalah $ 12 per bulan, sesuatu yang mungkin tampak terlalu mahal untuk pengguna Indonesia.

Jika anda benar-benar membutuhkan alat canggih untuk memantau uptime situs Anda secara profesional,pertimbangkan untuk menggunakansitus seperti Monitis.

7. WebPageTest

Daftar layanan uptime untuk memantau website8
WebPageTest adalah layanan gratis untuk mengecek sebuah situs web dan menguji kecepatan halaman web. Tidak seperti layanan lainnya, WebPageTest tidak terus memantau situs ini, namun menguji ketersediaan dan kinerja situs pada saat itu juga.

Karena layanan ini gratis dan open source, maka perlu Anda coba untuk mengecek kecepatan situs anda. Dan tentu saja anda dapat melihat apa yang bisa diperbaiki melalui grafik analisis. 

Demikian postingan mengenai daftar layanan yang bisa anda manfaatkan untuk memantau kesehatan website , semoga bermanfaat jika ada yang ingin menambahkan jangan sungkan memberikan komentar dibawah demi melengkapi kekurangan artikel. Dalam uptime ada banyak metode monitor mulai dari ping , server , ssl dsb
Baca juga : Niche blog paling populer

0 Response to "Daftar layanan uptime untuk memantau server website"

Posting Komentar

Sumber artikel : Pengetahuan penulis , opini pribadi dan kekhilafan admin

Komentar yang membutuhkan jawaban silahkan WA , tidak semua komentar saya terbitkan karena kesibukan urusan pekerjaan yang padat namun diusahakan selalu dibalas baik secara langsung maupun melalui artikel terbaru

Semua komentar dihapus setiap awal bulan ketika proses backup artikel , blog update otomatis setiap jam 6 pagi sampai juli 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel