Cara merawat baterai laptop agar awet

TIPS PERAWATAN BATERAI LAPTOP AGAR AWET DAN TAHAN LAMA

Cara merawat baterai laptop agar awet
Selamat Datang diBlog Orang IT . Sudah berapa lama anda punya perangkat laptop dan bagaimana performanya, khususnya baterai apakah masih baik atau tidak ? jika saya sendiri sudah 5 tahun menggunakan laptop dan beterainya sudah soak namun komponen yang lain masih aman maklum sering kerja lembur, bagaimana dengan laptop anda apakah masih awet atau sudah soak juga hehe baterai merupakan sumber daya utama bagi laptop tanpa sumber daya laptop anda masih bisa digunakan jika memaksakan mencopot baterai dan menggunakan colokan listrik jutru merusak sistem komponen yang ada didalam laptop

Terlebih saat listrik tiba-tiba padam wah bisa konslet laptop anda nantinya , baterai laptop memiliki masa pakai dimana sebuah cycle count jika digunakan semakin lama maka masa pakainya semakin menurun selain dipengaruhi oleh usia beberapa cara penggunaan yang buruk juga menyebabkan baterai laptop cepat aus / rusak

Kebanyakan laptop baru menggunakan baterai tanam non removable, kalau ada rusak gak bisa asal copot saja selain ngebongkar , pengalaman punya laptop kebanyakan gak berumur lama selain pemakaian nonstop meskipun punya PC sendiri dirumah perlakuan yang tidak baik juga menyebabkan berkurangnya umur baterai . Misal pas lagi chat sama client tiba-tiba laptop lemot sampai mati lagi otomatis rejeki melayang siempunya marah dan membanting laptop nah selain baterai rusak bisa jadi laptopnya sekalian ikut rusak hehe

Umumnya laptop bisa bertahan selama 3-5 jam saat pemakain biasa jika pemakaian yang menggunakan banyak daya umumnya 1-2 jam misal render video berat dsb seiring berjalanya waktu laptop anda hanya bisa bertahan 5 menit kemudian baterai langsung habis 

Cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak

1. Hindari penggunaan laptop sambil di charger

Pada saat keasyikan menggunakan laptop tentu salah satu kebiasaan pengguna adalah sering menggunakan laptop sambil di charger, padahal hal tersebut kurang baik bagi kesehatan baterai laptop.

Perlu anda ketahui bahwas baterai yang di charger secara terus menerus akan membuat kondisi baterai tidak akan stabil, akibatnya baterai akan melemah seiring penggunaan laptop yang dilakukan sambil di charge.

Jadi sebaiknya saat menggunakan laptop jangan sambil di charger, tunggulah baterai tersebut terisi penuh dulu, kemudian gunakan dan jika sudah menampilkan indikator baterai lemah, maka matikan dan charge kembali.

Namun ada kabar baik bagi anda yang sering menggunakan laptop sambil di charger, yaitu pada laptop keluaran terbaru seperti asus sudah dilengkapi dengan fitur auto cut off. Jadi fitur tersebut memungkinkan daya dari charger laptop akan langsung diarahkan ke adaptor jika baterai laptop sudah penuh jadi hal ini akan menghindari baterai dari overcharger. Jadi hindarilah penggunaan sambil di charge untuk merawat baterai laptop agar awet.

2. Jangan charger terlalu berlebihan


Saat anda melakukan charger dan indikator pada baterai laptop anda sudah menunjukkan 100% maka sebaiknya anda segera cabut charger nya untuk menghindari overcharger.

Karena overcharger pada baterai akan berdampak pada umur baterai anda yang akan semakin pendek. Jadi sebaiknya anda cabut saja chargernya sebelum indikator menunjukkan 100%, rekomendasi cabutlah pada saat mencapai 80-90% karena itu akan membantu merawat baterai agar tetap awet.

3. Jangan biarkan indikator baterai 0%

Terlalu asyik memakai laptop kadang membuat pengguna terlena dan melupakan waktu, akibatnya pengguna kehabisan baterai pada laptop. Atau hal ini disengaja juga hingga baterai menunjukkan indikator 0% sehingga mengakibatkan laptop mati dengan sendirinya baru di charger.

Tentu saja hal ini kurang baik untuk kesehatan baterai laptop karena dapat merusak komponen-komponen yang ada pada baterai, jadi sebaiknya jika sudah ada tanda seru atau peringatan bahwa baterai anda akan habis, hentikan saja aktivitas pada laptop anda kemudian matikan dan charger kembali sampai penuh untuk menghindari kerusakan pada baterai.

4. Atur cahaya pada laptop


Pada saat menggunakan laptop sebaiknya anda atur pencahayaan yakni gelap atau terang. Nah jika anda berada diluar ruangan aturlah cahaya layar secukupnya jangan sampai redup, dan jika anda berada pada dalam ruangan kurangi pencahayaan pada layar.

Perlu diketahui bahwa semakin terang layar laptop anda maka akan semakin menguras daya baterai sehingga baterai akan cepat habis. Nah untuk menghemat pemakaian baterai salah satunya adalah mengatur cahaya laptop secukupnya saja dan juga supaya mata tidak cepat rusak.

5. Charger laptop dalam keadaan mati

Seperti yang sudah Blog Orang IT katakan pada poin pertama , jangan anda menggunakan laptop sambil di charger karena itu berbahaya bagi komponen baterai.

Untuk memperkuat umur baterai serta agar awet dan tahan lama, charger lah laptop dalam keadaan mati atau tidak menyala.

6. Charger 4 sampai 8 jam [untuk laptop baru]

Bagi anda yang baru saja membeli laptop baru, sebaiknya anda jangan dulu menggunakan laptop tersebut. Karena penting halnya bagi anda untuk merawat baterai laptop baru tersebut supaya kedepannya tidak mengalami kerusakan.

Charger saja laptop tersebut selama 4 hingga 8 jam karena laptop baru biasanya mempunyai daya baterai 0 sehingga perlu untuk di isi pertama kalinya.

7. Sambungkan charger ke stop kontak dulu

Pada saat akan melakukan charger pada laptop sebaiknya anda memperhatikan hal ini yakni menyambungkan charger terlebih dahulu ke stop kontak baru ke laptop, jangan lakukan hal sebaliknya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari bateria laptop terkejut saat melakukan charge karena jika disambungkan ke laptop dulu baru ke stop kontak akan berbahaya bagi kesehatan baterai.

Coba pengguna lihat pada saat disambungkan ke laptop dulu, maka pada saat pengguna mencolokkan charger ke stop konta maka akan terlihat kembang api yang keluar, itu menandakan laptop anda terkejut dan bisa berbahaya. Sebaiknya anda hindari saja colok laptop dulu baru stop kontak.

8. Kurangi pemakaian aplikasi yang tidak diperlukan

Saat menggunakan laptop sebaiknya anda kurangi saja pemakaian aplikasi, wifi, dan lain sebagainya bila tidak diperlukan.

Hal ini bertujuan untuk menghemat baterai laptop anda supaya tidak cepat habis dan bisa bertahan lama saat digunakan.

9. Lakukan kalibrasi secara berkala

Kalibrasi sangat penting untuk dilakukan secara berkala misalnya saja 2 bulan sekali, 3 bulan sekali. Kalibrasi pada baterai laptop dapat membantu anda mengembalikan performa baterai supaya kembali seperti performa awal.

10. Hindari pemakaian sampai overheat

Pemakaian laptop yang terlalu lama juga bisa menyebabkan laptop overheat atau menjadi panas, tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada performa dan baterai laptop.

Jadi jika anda menggunakan laptop dengan waktu yang lama, sebaiknya anda juga menggunakan laptop fan atau kipas pendingin supaya tidak terjadi overheat dan baterai menjadi aman dan tahan lama.

11. Istirahatkan laptop

Dalam pemakaian laptop tentu ada batasan-batasan atau kapasitasnya sendiri, nah jika anda ingin supaya baterai tetap sehat dan awet, istirahatkanlah laptop anda dari pemakaian yang terlalu lama, serta aturlah waktu-waktu istirahat laptop supaya teratur dan baterainya tetap sehat dan tidak cepat rusak.

0 Response to "Cara merawat baterai laptop agar awet"

Posting Komentar

Sumber artikel : Pengetahuan penulis , opini pribadi dan kekhilafan admin

Komentar yang membutuhkan jawaban silahkan WA , tidak semua komentar saya terbitkan karena kesibukan urusan pekerjaan yang padat namun diusahakan selalu dibalas baik secara langsung maupun melalui artikel terbaru

Semua komentar dihapus setiap awal bulan ketika proses backup artikel , blog update otomatis setiap jam 6 pagi sampai juli 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel