Bahasa pemrograman wajib dikuasai hacker

Selamat Datang di Blog Orang IT . Seorang hacker handal tentu harus mengerti dan menguasai banyak bahasa pemrograman. Karena hampir semua aplikasi ataupun website diprogram dengan bahasa pemrograman yang berbeda-beda, terlepas dari bahasa pemrograman itu populer atau tidak. Sebelum melakukan peretasan, seorang hacker terlebih dahulu memikirkan apa saja yang menjadi prioritas untuk dikerjakan. Tentu hal pertama kali yang mereka kerjakan adalah dengan mempelajari bahasa programnya, lalu kemudian memanfaatkan kerentanannya.

Jadi, kesimpulannya jika kamu ingin serius menjadi seorang hacker harus wajib mempelajari banyak bahasa programming. Tapi, jangan khawatir karena kali ini Jaka akan membagikan berbagai macam bahasa pemrograman yang wajib kalian kuasai jika ingin menjadi hacker yang pro.

Jenis Peretasan yang Populer

Ada beberapa jenis peretasan yang sering dipelajari dan dilakukan oleh hacker. Semuanya itu membutuhkan beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai. Berikut ini adalah jenis peretasan yang sering dilakukan oleh hacker.
1. Web Hacking

2. Exploit Writing

3. Reverse Engineering

1. Web Hacking

Saat hacker ingin menyerang aplikasi atau situs web maka mereka harus menguasai web coding, seperti HTML, CSS, dan Javascript, semua itu merupakan bahasa pemrograman utama dalam mengembangkan aplikasi web saat ini. Oleh karena itu, dengan mempelajari semua bahasa tersebut akan membuat hacker jauh lebih mudah dalam meretas website.

A. HTML

HTML merupakan bahasa markup yang digunakan secara luas untuk membangun tampilan website agar mudah digunakan oleh banyak orang. HTML sendiri merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language, dengan mempelajarinya hacker akan mengetahui bagaimana cara kerja Web Action, Response, dan lain sebagainya.

B. Javascript

Javascript dipakai secara luas untuk membangun website agar lebih baik dan memiliki respon yang cepat. Dengan mempelajari bahasa pemrograman ini, seorang hacker akan mengetahui mekanisme client-side yang diperlukan untuk menemukan kerentanan.

C. PHP

PHP adalah bahasa pemrograman yang berjalan pada sisi server dan digunakan untuk mengembangkan website agar lebih dinamis. PHP bertujuan untuk mengelola aplikasi dan basis data dan mengendalikan semua aplikasi situs web yang berjalan di server. Dengan menguasai bahasa ini secara penuh tentu hacker akan lebih mudah dalam mencari kerentanan dan kelemahan yang bisa dimanfaatkan.

D. SQL


SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language, atau bahasa pemrograman yang bertugas untuk mengelola data yang disimpan di dalam sistem manajemen basis data relasional atau sering disebut RDBMS. Bahasa ini digunakan untuk menyimpan dan mengelola data yang sensitif seperti kredensial pengguna, akun bank, dan lain sebagainya. Jika ingin mencuri informasi yang sensitif, maka hacker harus meretas SQL dari sebuah situs web.


2. Exploit

A. Phyton

Phyton merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dipakai untuk membangun aplikasi yang umum dan kompleks. Hacker harus menguasai bahasa pemrograman ini untuk melakukan exploit yang kuat.

B. Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman yang dinamis, reflektif, dan berorientasi pada objek. Bahasa ini sering dipakai untuk membuat aplikasi umum, namun lebih seringnya dipakai untuk membangun aplikasi web menggunakan Rails Framework.

C. Perl

Perl merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan sering digunakan hacker untuk membuat serangan exploit yang jitu.


3. Reverse Engineering

Reverse Engineering merupakan sebuah proses untuk mencari fungsi yang bekerja pada sebuah desain ataupun sistem objek yang telah dianalisis secara mendalam. Atau kesimpulannya, metode ini adalah proses mengesktrasi informasi yang ada pada desain yang sudah ada. Hacker memerlukan cara ini untuk menganalisis suatu produk sebagai dasar untuk mengetahui kelemahan produk tersebut.
Daftar Seluruh Bahasa Pemrograman Populer Dikalangan Hacker
    Phyton
    Ruby
    JavaScript
    C
    C#
    PHP
    Java
    C++
    Haskell
    Clojure
    CoffeeScript
    Objective-C
    Lisp
    Perl
    Scala
    Scheme
    Other
    Erlang
    Lua
    SQL

Nah, itulah beberapa bahasa pemrograman yang harus kalian pelajari jika ingin menjadi hacker handal. Pada dasarnya seorang hacker ialah seseorang yang menemukan kerentanan dalam sebuah sistem komputer atau jaringan komputer lalu kemudian mengeksploitasinya. Hacker sendiri melakukan peretasan untuk berbagai tujuan, seperti keuntungan pribadi, hobi, tantangan baru, atau untuk melaporkan kelemahan tersebut kepada organisasi yang bersangkutan. Jadi, apakah kamu sudah siap menjadi seorang hacker? Yuk, tulis jawabanmu melalui kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "Bahasa pemrograman wajib dikuasai hacker"

Posting Komentar

Sumber artikel : Pengetahuan penulis , opini pribadi dan kekhilafan admin

Komentar yang membutuhkan jawaban silahkan WA , tidak semua komentar saya terbitkan karena kesibukan urusan pekerjaan yang padat namun diusahakan selalu dibalas baik secara langsung maupun melalui artikel terbaru

Semua komentar dihapus setiap awal bulan ketika proses backup artikel , blog update otomatis setiap jam 6 pagi sampai juli 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel