Subhanallah inilah ikan yang diceritakan bisa hidup tanpa air

INILAH IKAN YANG DICERITAKAN DALAM SURAT ALKAHFI BISA HIDUP TANPA AIR


ikan yang diceritakan bisa hidup tanpa air
Ikan Lung Fish
Alhamdulillah, kali ini sebuah kesempatan Allah SWT berikan untuk menjelaskan salah satu bukti kebesaran Allah SWT dan salah satu kebenaran Al-Qur’an. Yakni pada surat Al-Kahfi ayat 60 – 63. Ayat suci pada Surat Al-Kahfi tersebut menceritakan perjalanan Nabi Musa a.s dengan muridnya. Dalam perjalanan mereka berdua, disebutkan adanya ikan yang unik. 

Mari kita simak dalil tentang ikan ini dalam surat Al-kahfi

“Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun”. (Q.S: Al-Kahfi Ayat: 60)

“Maka tatkala mereka sampai ke pertemuan dua buah laut itu, mereka lalai akan ikannya, lalu ikan itu melompat mengambil jalannya ke laut itu.” (Q.S: Al-Kahfi Ayat: 61)

“Maka tatkala mereka berjalan lebih jauh, berkatalah Musa kepada muridnya: “Bawalah kemari makanan kita; sesungguhnya kita telah merasa letih karena perjalanan kita ini”.
(Q.S: Al-Kahfi Ayat: 62)

Muridnya menjawab: “Tahukah kamu tatkala kita mencari tempat berlindung di batu tadi, maka sesungguhnya aku lupa (menceritakan tentang) ikan itu dan tidak adalah yang melupakan aku untuk menceritakannya kecuali syaitan dan ikan itu mengambil jalannya ke laut dengan cara yang aneh sekali”. (Q.S: Al-Kahfi Ayat: 63)

Dikisahkan dalam ayat tersebut bahwa Nabi Musa a.s dan muridnya tengah dalam perjalanan mencari Nabi Khidir yang diberitahukan oleh Allah kepada Nabi Musa a.s.

Kisah perjalanan Nabi Musa dalam surat Al Kahfi

Ada sebuah kisah yang diceritakan dari Nabi Muhammad Saw, ketika Allah Swt bertanya kepada Musa, bahwa siapakah yang paling berilmu di dunia ini, Musa pun menjawab bahwa dialah yang paling ber ilmu itu.

Mendengar jawaban musa tersebut ,lalu Allah menyuruh kepada nabi musa untuk menemui hamba nya yang paling berilmu dan saleh, dengan membawa se ekor ikan di wadah, kemudian Allah Swt bersabda kepada Musa, Jika suatu saat engkau mencari orang Saleh lagi berilmu tersebut, dan dalam perjalanan tersebut tiba tiba ikan itu menghilang, maka disitu lah engkau akan bertemu dengan orang Saleh lagi berilmu itu.

Lalu Nabi Musa berangkat dengan membawa ikan di dalam wadah yang di sertai dengan pembantu nya yaitu Yusya, di tengah perjalan mereka merasa kelelahan dan kemudian memutuskan untuk beristirahat di tempat tersebut, Namun tiba tiba ikan yang berada di dalam wadah tersebut tiba tiba berontak lalu jatuh kedalam Air, kemudian ikan tersebut kembali kelaut dengan cara yang Aneh, dan yang menyaksikan kejadian tersebut adalah pembantu nya yaitu Yusya, dan ia pun terpukau dengan kebesaran Allah tersebut, lalu Yusya tertidur dan dia lupa untuk menceritakan kejadian tersebut kepada Musa.

Setelah itu Musa mulai melanjutkan perjalanan nya, namun ketika di perjalan Yusya menceritakan kejadian tadi ketika ikan tersebut loncat dan pergi lagi ke laut dengan cara aneh, lalu musa pun menyadari  kalo dia telah bertemu dengan orang saleh lagi berilmu tersebut, dan kemudian mereka kembali lagi ketempat semula dimana ikan tersebut meloncat.

Ketika mereka sampai ketempat tadi,kemudian Musa melihat ada seorang yang memakai jubah putih, lalu kemudian musa mengucapkan salam, kepada orang berjubah putih itu, ternyata orang tersebut adalah Nabi Khidir, Lalu Khidir bertanya asal usul nabi musa dan maksud nabi musa untuk bertemu pada nya,

Lalu musa menjawab bahwa ia sengaja untuk bertemu dengan nya, supaya Khidir mengajarkan kepada nya ilmu dan kebijaksanaan yang lebih kepada nya, kemudian dengan tegas Khidir menjelaskan, bahwa Ilmu yang dimiliki nya adalah Karunia dari Allah yang di ajarkan kepada nya, namun tidak kepada musa dan sebalik nya, apa yang di ajarkan Allah kepada Musa Khidir tidak mengetahui nya.

Pertemuan Musa dengan Khidir ini sampai sampai ia lupa dengan ikan yang loncat tadi, ikan yang mampu beradaptasi di darat dan bisa hidup tanpa air sampai dalam waktu yang sangat lama mungkin ikan inikah yang di ceritakan di dalam Surat Al-Kahfi tersebut,Wallahu Alam.

Tentang ikan lungfish

Lung Fish Ikan yang masih satu keluarga dengan salamenderfish, keunggulan ikan ini dapat hidup berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun di dalam tanah meskipun tanah tersebut sudah kering dan gersang.

Lung Fish biasanya akan masuk ke dalam lumpur jika area perairan tempat mereka memasuki musim kering, biasanya sehabis musim kering berlalu baru ikan tersebut akan muncul kembali dari tanah, menurut ilmuwan ikan tersebut bisa bertahan hidup tanpa makan selama tiga tahun lamanya.

Lung Fish Juga dapat mengambil oksigen dari udara seperti hewan darat lainnya, bahkan ikan ini bisa bertahan lama di dalam air tanpa muncul kepermukaan. seperti ikan-ikan lainya lungfish juga berenang dan mencari makan di dalam air.

Startegi bertahan hidup dari kekeringan menjadi kelebihan ikan ini, ketika musim kering mereka akan masuk ke dalam lumpur dan menggalinya dengan mulut.setelah lubang di dalam lumpur terbentuk, segera lungfish akan memproduksi lendir dari tubuhnya agar terbentuk kepompong sebagai pelindung dirinya di dalam lumpur yang akan mengering ketika musim panas.

Strategi bertahan hidup lungfish
Strategi bertahan hidup lungfish

Cara hidup lungfish

Ikan Lungfish bernapas dengan insang/organ tubuh yang mirip sekali dengan paru-paru, lebih tepatnya paru-paru primitif tunggal dan tak perlu naik ke permukaan air untuk mengambil oksigen. Ketika ia dalam kondisi hidup normal di dalam air ia akan mempergunakan insangnya tersebut.

Namun saat terpaksa hidup dalam kondisi ekstrim minim air, lungfish akan merubah sistem pernapasannya dengan menggunakan organ suprabranchial (paru-paru tunggal) yaitu suatu sekat ruang yang berada di bagian atas insang agar dapat menelan udara secara langsung di kondisi minim kadar oksigen.

Selanjutnya ia akan melakukan proses hibernasi alias tidur panjang selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun sampai memastikan kondisi tanah disekitarnya kembali normal berair. Begitupun saat ia sedang berkembang biak, Lungfish betina akan mengumpulkan sisa-sisa lemak olahannya dari siput, cacing, ikan-ikan kecil serta tanaman di dalam rumah kepompong tersebut. Bersama suami alias si jantan, mereka akan membuat terowongan panjang dari lumpur untuk tempat betina menaruh telur-telurnya.

Sampai telur-telur anak mereka menetas, selama itu juga Lungfish betina akan tinggal bersama mereka. Sementara papa kesayangan mereka menjaga pintu masuk terowongan lumpur agar mereka tidak diserang oleh hewan-hewan predator lain.

Cara hidup lungfish
Kepompong ikan lung
Jadi kemampuan bertahan hidup Lungfish sangat menakjubkan, meski sampai bertahun-tahun tanpa air dan makanan sedikitpun, Lungfish masih akan tetap hidup selama sarang kepompongnya tempat ia melembabkan tubuh tidak hancur atau musnah meskipun tanah disekelilingnya sudah kering dan mengeras.

Lokasi ikan lungfish

Ikan tersebut adalah ikan Lungfish dan salah satu spesiesnya bernama ilmiah Ceratodus sp. Ikan tersebut hidup di Benua Australia, Amerika, dan Afrika. Dan salah satu spesies ikan Lungfish ditemukan di daratan Maroko, tepatnya di Gurun Sahara Maroko, sepanjang jurang gurun tersebut yang saat ini dikenal dengan nama The Kem Kem Beds. 

Lokasi ikan lungfish

Kem kem beds dulunya adalah sebuah sungai yang besar. Kendati Ceratodus sp. berupa fossil 110 juta tahun yang lalu, tapi tidak menutup kemungkinan spesies ikan Lungfish masih hidup di daratan Maroko pada zamannya Nabi Musa a.s. Sama seperti ikan Coelacanth sp. yang ditemukan masih hidup sampai sekarang. Wallahu a’lam.

Maroko adalah daratan dimana kita dapat melihat Selat Gibraltar. Dan di Selat Gibraltar terdapat fenomena menakjubkan, yakni bertemunya dua buah lautan dengan salinitas yang berbeda seperti firman Allah SWT:

“Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan) yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.” (Q.S Al-Furqan Ayat 53)

Dan ikan Lungfish ini mampu masuk ke dalam tanah dengan cara mengerong. Sungguh, cara yang tidak biasa bagi seekor ikan. Subhanallah! Sungguh, Allah SWT Yang Maha Pencipta telah menjaga ikan Lungfish dengan mekanisme adaptasi yang teramat luar biasa! 

Tidak mungkin ikan tersebut beradaptasi dengan cara yang unik tersebut, kecuali karena kasih sayang Allah SWT Yang Maha Penyayang yang menjadikan ikan tersebut dapat beradaptasi dalam lingkungan ekstrem. Allah SWT menyayangi semua makhluknya, termasuk ikan Lungfish.

Mengenai ikan tersebut, kita dapat melihat fakta ikan tersebut di salah satu video berikut :


Begitulah pembuktian Ayat Suci Al-Qur’an dari Surat Al-Kahfi. Tampak bahwa skenario Nabi Musa dan muridnya yang dalam perjalanan di Afrika Selatan mengambil ikan Lungfish sebagai bekal yang kelak ketika mereka lapar akan mereka bakar. 

Dan tidak disangka ikan yang dianggap sudah mati itu meloncat ke Laut di dekat Selat Gibraltar (bertemunya dua buah laut). Kemudian ikan itu kembali ke Laut dengan cara aneh sekali, yakni mengerong ke dalam tanah seperti sifat ikan tersebut.Sudah jelaslah, bahwa Al-Qur’an itu haq dan sebagai pembeda atas yang haq dari yang bathil (Al-Furqan sebagai nama lain Al-Qur’an). 

Dan Allah SWT Maha Benar dengan memberi petunjuk pada kaum yang berfikir tentang kekuasaan-Nya. Sungguh keji perbuatan para musyrikin yang sengaja memfitnah bahwa Al-Qur’an adalah perkataan dusta. Maha Bijaksana Allah SWT yang menjawabnya dalam firman-Nya di dalam Al-Qur’an dengan jelas dan haq.

Marilah kita senantiasa bersemangat dalam jihad. Bukan hanya lewat perang fii sabilillah, tapi juga dengan cara berdakwah dan melawan fitnah-fitnah keji terhadap Islam. Maka mari ajaklah saya, diri anda sendiri, keluarga anda, kerabat anda, teman-teman anda untuk menyebarkan postingan ini. Dan bantulah saya dengan cara ingatkanlah kesalahan saya dalam penulisan postingan ini, sempurna hanyalah milik Allah SWT. Jazakumullahu Khairan Katsiran.

Belum ada Komentar untuk "Subhanallah inilah ikan yang diceritakan bisa hidup tanpa air"

Posting Komentar

Sumber artikel : Opini penulis , Pengetahuan penulis , Karangan penulis , tulisan temen , tulisan saudara , blog lain dan Post tamu

Sementara admin vakum dulu dari dunia perbloggingan mungkin komentar anda tidak akan disetujui , blog otomatis update dan saya akan segera kembali

Berikan info jika ada link mati

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel