Cara mengatasi lag pada smartphone android

MEMPERBAIKI LAG DIANDROID DENGAN FITUR DEVELOPER OPTION


Selamat Datang di Blog Orang IT. Memiliki smartphone canggih dan cepat adalah dambaan bagi setiap orang namun nyatanya beberapa smartphone yang dulunya waktu awal dibeli memang fast dan performanya terbaik lama kelamaan juga mengalami lag sampai bootlop, pemakaian jangka panjang memang menjadi musuh utama bagi kerusakan perangkat cerdas ini namun anda tidak perlu khawatir karena setiap penyakit ada obatnya . Pada kesempatan kali ini saya akan bagikan cara mengatasi smartphone android yang sering lag dengan developer option tanpa harus melakukan root silahkan disimak

Jika smartphone anda biasa-biasa saja lambat laun akan mengalami penurunan performa , hal ini disebabkan oleh kapasitas hardware yang memang standart , tak perlu harus sering-sering flash handphone karena pengalaman saya meskipun percobaan pertama dan kedua berhasil belum tentu proses flash yang selanjutnya juga berhasil kalau salah hape anda bisa mati total

Cara lain untuk mengatasi android sering crash dan ngelag sebenarnya tidak lah terlalu sulit , karena pada dasarnya mereka telah menyediakan fitur developer option sebagai bantuan bagi pengembang dan memperbolehkan siapapun melakukan pengoprekan terhadap sistem. Pada beberapa ponsel terbaru fitur ini disembunyikan


Apa sih Developer Options itu?

Developer Options atau Opsi Pengembang adalah fitur tersembunyi yang terdapat pada menu Setelan. Mengapa disembunyikan? Karena pada dasarnya Developer Options ditujukan bagi para Developer (Pengembang) atau bagi pengguna yang ingin mendapatkan User Experience lebih pada smartphone nya.

Untuk pengguna awam bagaimana? Sebenarnya sah-sah saja jika pengguna lainnya ingin mengakses fitur ini. Namun, harus berhati-hati agar tidak terjadi error pada smartphone.
Cara Memunculkan Developer Options

Umumnya para produsen smartphone menyembunyikan fitur ini, namun ada juga beberapa produsen yang memang telah menyediakan fitur ini sejak awal. Kamu bisa mengeceknya langsung di menu Setelan, jika kamu tidak menemukannya artinya fitur tersebut memang sengaja disembunyikan.

Untuk memunculkannya, kamu bisa mengikuti step-step berikut ini:

1. Buka menu Setelan atau Setting

2. Pilih About Phone

3. Tekan 5-7 kali pada opsi Build Number atau Nomor Bentukan hingga muncul pesan “Sekarang Anda adalah Seorang Pengembang”

4. Kemudian kembali lagi ke menu Setelan

5. Pilih Developer Options, lalu aktifkan

Tips Mengatasi Lag di Android

Setelah mengaktifkan fitur Developer Options, maka akan muncul beberapa pilihan yang bisa kamu atur disana. Kamu bisa mengikuti step-step di bawah ini untuk settingannya.

Cara mengatasi lag pada smartphone android

1. Pada tab Gambar(Drawing), kamu bisa mengubah Skala Animasi Jendela (Window Animation Scale), Skala Animasi Transisi (Transition Animation Scale) , dan Skala Durasi Animator (Animator Duration Scale) menjadi 0.5x (semakin kecil semakin cepat, untuk default nya dari masing-masing opsi tersebut adalah 1x).

Cara mengatasi lag pada smartphone android1

2. Pada tab Render yang dipercepat Perangkat Keras (Hardware Accelerated Rendering) silakan ceklis pada bagian Paksa Perenderan GPU (Force GPU Rendering), Force 4x MSAA, dan Nonaktifkan Lapisan HW (Disable HW Overplay).

Cara mengatasi lag pada smartphone android2
3. Pada tab Apl (Apps), silakan ceklis Jangan Simpan Kegiatan (Don’t Keep Activities) dan Tampilkan semua ANR (Show All ARNs). Dan pada opsi Batas Proses Latar Belakang (Background Process Limit) ubah menjadi maksimal 3 proses.

4. Selanjutnya, restart smartphone kamu dan rasakan perubahannya.

0 Response to "Cara mengatasi lag pada smartphone android"

Posting Komentar

Sumber artikel : Pengetahuan penulis , opini pribadi dan kekhilafan admin

Komentar yang membutuhkan jawaban silahkan WA , tidak semua komentar saya terbitkan karena kesibukan urusan pekerjaan yang padat namun diusahakan selalu dibalas baik secara langsung maupun melalui artikel terbaru

Semua komentar dihapus setiap awal bulan ketika proses backup artikel , blog update otomatis setiap jam 6 pagi sampai juli 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel