Cara mengantisipasi serangan hacker pencuri data

TIPS MENGANTISIPASI SERANGAN HACKER YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Selamat Datang di Blog Orang IT . Di era teknologi modern seperti sekarang ini berbagai teknik penyadapan telah berkembang dan yang menjadi korban kebanyakan pengguna awam , anda mungkin boleh saja berpikir bahwa data akun anda aman berada di layanan google mail atau facebook karena para hacker tidak akan mudah membobol kedua situs tersebut untuk mencuri data anda namun kelalaian penggunanya sendiri justru kebanyakan menjadi celah bagi seorang hacker untuk mencuri data akun .

Misal saat anda terkoneksi kedalam jaringan wifi publik entah milik siapa dengan bangganya anda menggunakan jaringan tersebut untuk login kedalam akun facebook padahal pemilik jaringan wifi sengaja menyebarkan koneksinya untuk mencari korban dengan teknik spoofing . Mirip seperti phising ketika pengguna mengakses situs facebook.com mereka akan dialihkan kealamat IP 192.12.xx.xx dengan tampilan yang sama persis dengan facebook padahal saat anda login data anda otomatis dikirimkan kepada penyebar wifi gratisan tersebut

Dan masih banyak lagi teknik hacking untuk mencuri data orang lain yang harus anda waspadai selain yang saya sebutkan diatas , hekel telah berkeliaran dimana-mana mungkin anda sudah tau berita ditangkapnya beberapa anggota komunitas blekedet hekel surabaya atau berita pembobolan 50 juta data akun facebook yang membuat mark zukebek merugi 500 triliyun

Sebagai pengguna awam anda harus berhati-hati mengingat rawan nya data penting digital yang seharusnya bersifat privasi bahkan pemilik layananpun punya kode etik untuk tidak melihat aktivitas pengguna nya bagaimana kalau hekel melihat semua kiriman anda sampai chat pribadi dengan pasangan lalu menyebarkan nya ke internet pasti menjadi kehebohan di indonesia

Setiap orang berhak memiliki privasi dan setiap orang wajib mengetahui cara-cara mengamankan data akun pribadi mereka , berikut trik mengantisipasi serangan heker yang meresahkan


1. Gunakan Kata Sandi yang Sulit

Cara mengantisipasi serangan hacker
Banyak orang menggunakan kata kunci yang sama untuk jenis akun yang berbeda. Jika alasannya untuk memudahkan proses masuk, karena mudah diingat, itu sangat benar. Namun, untuk segi keamanan hal yang demikian itu sangatlah tidak aman.

Jika anda takut lupa semua kata sandi, karena ada banyak, maka catatlah di secarik kertas atau menyimpannya di smartphone kesayangan.

Lagipula, berapa banyak sih akun yang kita miliki di dunia maya, sehingga kita susah untuk mengingatnya. Selain mencatat, kita juga bisa menggunakan kata sandi “kognitif.”

Kata sandi kognitif adalah kata sandi yang bukan berasal dari tanggal lahir, nama karakter favorit atau yang semisalnya.

Kata sandi kognitif lebih menjurus kepada hal-hal anti mainstream, seperti nama penjaga sekolah, nama julukan yang kemudian digabungkan dengan simbol-simbol lain.
Baca juga : Daftar password yang dibobol heker

Dengan menggunakan kata sandi yang seperti itu, kemungkinan besar akun dicuri hacker sangatlah mustahil, karena kata kunci yang seperti itu membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dideskripsikan dengan metode brute force

2. Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Cara mengantisipasi serangan hacker1
Hacker paling banyak menyerang akun sosial media . Dan serangan hacker terhadap akun sosial media ini bisa menimpa siapa saja, baik itu akun yang memiliki banyak pengikut atau yang memiliki sedikit pengikut.

Mengaktifkan autentikasi dua faktor adalah cara jitu untuk menangkal serangan hacker, karena ketika seseorang mengaktifkan autentikasi dua faktor, seorang hacker tidak akan bisa mengakses akun sosial media milik korban, karena membutuhkan kode masuk yang hanya dikirimkan ke smartphone sang pemilik akun asli.

Sebelum mengaktifkan autentikasi dua faktor ada beberapa hal yang harus diingat, di antaranya adalah nomor HP harus aktif dan smartphone harus sering dibawa.

Namun, jika tidak bisa membawa smartphone, kita bisa menggunakan kode cadangan yang bisa digunakan setiap saat ketika ingin masuk ke akun sosial media.

3. Gunakan Aturan 3-2-1

Cara mengantisipasi serangan hacker3

Untuk menghindari kehilangan informasi berharga, karena adanya serangan cyber, maka gunakanlah aturan 3-2-1. Apa itu aturan 3-2-1? Adalah backup data.

Ya, backup data sangatlah penting, karena jika seorang hacker berhasil mendapatkan akses komputer kita, setidaknya kita tetap memiliki data di penyimpanan lain.

Berikut ini adalah Aturan 3-2-1:

1. Memiliki setidaknya 3 salinan (asli dan dua salinan).

2. Menggunakan berbagai jenis penyimpanan (hard drive, dll).

3. Menyimpan satu salinan di tempat yang berbeda (layanan cloud).

4. Hati-hati dengan Link

Cara mengantisipasi serangan hacker4
Screenshot di atas adalah salah satu contoh, di mana kita harus berhati-hati dengan alamat link yang diberikan. Ya, ketika kita asal klik sebuah link, bisa saja smartphone atau komputer kita langsung dibawa ke situs berbahaya dan langsung terjangkiti virus.

Jika selama ini masih suka meng-klik link-link yang tidak jelas, usahakanlah untuk menahannya, karena apabila kebiasaan itu masih terus berlanjut, hacker akan semakin mudah mendapatkan data-data pribadi kita.

Untuk menghindari kejahatan yang dilakukan melalui link seperti ini, kita bisa mengantisipasinya dengan memastikan alamat situs, misalnya periksa protokol HTTP nya apakan sudah menggunakan SSL (https) atau memeriksanya lewat link scanner. Jangan masukkan data apapun yang berkaitan dengan informasi pribadi

5. Waspada dengan Sekelilingmu

Cara mengantisipasi serangan hacker45
Berburuk sangka itu tidak boleh, tapi waspada itu adalah suatu keharusan. Poin yang satu ini mungkin jarang terjadi, namun bukan tak mungkin akan menimpa seseorang.

Jika anda memiliki teman akrab yang sedang butuh bantuan melalui smartphone atau komputermu, maka pastikanlah semua data-data penting yang ada terkunci dengan sandi

Atau jika anda sedang mengakses suatu akun, maka pastikanlah anda sudah log out dari akun  itu, karena apabila hal yang demikian itu tidak dilakukan, bisa saja teman akrab anda iseng mencuri data yang penting
.
Kesimpulan

Cara mengantisipasi hacker bisa dengan menerapkan ke-5 cara di atas bisa dilakukan oleh siapa saja. Dan ke-5 cara tersebut, merupakan cara yang sederhana yang bisa diajarkan kepada semua orang.

0 Response to "Cara mengantisipasi serangan hacker pencuri data"

Posting Komentar

Sumber artikel : Pengetahuan penulis , opini pribadi dan kekhilafan admin

Komentar yang membutuhkan jawaban silahkan WA , tidak semua komentar saya terbitkan karena kesibukan urusan pekerjaan yang padat namun diusahakan selalu dibalas baik secara langsung maupun melalui artikel terbaru

Semua komentar dihapus setiap awal bulan ketika proses backup artikel , blog update otomatis setiap jam 6 pagi sampai juli 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel