Alasan susunan tombol keyboard tidak berurutan

Selamat Datang di Blog Orang IT . Mungkin anda bertanya-tanya dalam hati mengapa susunan tombol dari keyboard tidak berurutan secara alfabetis melainkan disusun secara QWERTY
Ketika melihat susunan keyboard baik yang terdapat dalam PC maupun ponsel cerdas pasti terlintas dibenak mengapa susunan nya tidak diurutkan berdasarkan alfabet seperti feature phone dulu yang lebih mudah bagi orang awam dan mengapa harus qwerty ? memang aneh bagi pengguna awam namun semua hal itu pastilah ada alasan nya mengapa semua tombol keyboard harus menggunakan standart qwerty memangnya kalau diurutkan saja ABCDE kenapa ?

Banyak sekali hal yang mendasari alasan produsen menggunakan susunan keyboard qwerty terutama dalam hal mekanisme dan teknisnya , berikut ini saya paparkan alasan mengapa susunan keyboard Qwerty 

Berdasarkan sejarahnya mesin TIK

Berdasarkan sejarahnya mesin TIK
Sejarah susunan QWERTY pada keyboard sangat erat kaitannya dengan sejarah penemuan mesin tik pertama di dunia. Orang yang berperan besar dalam susunan ini adalah Christopher Latham Sholes, seorang penemu dari Amerika Serikat yang berhasil menciptakan mesin tik praktis pertama pada tahun 1874. Pada awalnya, Sholes menggunakan keyboard dua baris dengan urutan abjad seperti pada umumnya, yaitu sebagai berikut.

- 3 5 7 9 N O P Q R S T U V W X Y Z
2 4 6 8 . A B C D E F G H I J K L M

Namun, ternyata susunan tersebut menimbulkan banyak masalah ketika digunakan untuk mengetik berbagai kata dalam bahasa Inggris, apalagi dengan kecepatan tinggi. Masalah terbesar adalah seringnya batang-batang pencetak huruf saling tersangkut dan membuat mesin tik menjadi macet. Hal ini tentu saja membuat pekerjaan mengetik menjadi terganggu dan terhambat. Sang penemu mesin tik, Sholes tentu harus mengubah susunan huruf di mesinnya.

Susunan huruf QWERTY

Setelah melakukan berbagai riset, akhirnya Sholes menemukan susunan huruf yang tepat untuk mesin tik miliknya. Ia juga mengganti pola keyboard yang tadinya dua baris menjadi empat baris, yaitu dengan susunan sebagai berikut.

2 3 4 5 6 7 8 9 - , _
Q W E R T Y U I O P :
A S D F G H J K L M
& Z C X V B N ? ; . !

Susunan huruf QWERTY

Susunan ini kemudian dipatenkan pada tahun 1878 dan menjadi standar penyusunan papan ketik pada mesin tik generasi selanjutnya. Kalau kamu lihat, tidak ada angka 0 dan 1 pada susunan keyboard tersebut. Yap, sebab pada saat itu orang lebih suka menggunakan huruf O dan I untuk menggantikannya. Dengan semakin majunya teknologi mesin tik, dan bertambahnya karakter-karakter dan tanda baca pada mesin tik, maka susunannya pun disempurnakan menjadi seperti berikut. Susunan modern inilah yang kita gunakan hingga saat ini.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 0 - =
Q W E R T Y U I O P [ ] \
A S D F G H J K L ; '
Z X C V B N M , . /

Penggunaan Pada Komputer dan Smartphone

Penggunaan Pada Komputer dan Smartphone

Penggunaan susunan keyboard QWERTY pada mesin tik sudah sangat erat dengan kebiasaan banyak orang. Sehingga, pada saat era komputer digital dibuat, keyboard-nya pun dibuat dengan susunan yang sama. Sehingga memudahkan bagi orang yang terbiasa bekerja dengan mesin tik, kemudian beralih menggunakan komputer untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Sedangkan, penggunaan susunan keypad QWERTY untuk handphone dimulai oleh Nokia 9000 Communicator pada tahun 1996, dan semakin populer ketika digunakan pada smartphone BlackBerry. Munculnya smartphone layar sentuh seperti iPhone dan berbagai jenis HP Android juga membuat penggunaan keyboard QWERTY semakin mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Susunan Keyboard Selain QWERTY

Sebenarnya, banyak pula susunan keyboard lain di dunia. Susunan yang berbeda ini biasanya disesuaikan dengan penggunaan bahasa dalam suatu negara, sehingga kata-kata yang sering digunakan pun berbeda dengan bahasa Inggris. Makanya, susunan keyboard ini dibuat untuk memudahkan dan mempercepat pengetikan dalam bahasa lain. Misalnya QWERTZ, AZERTY, dan QZERTY.

Ada pula susunan keyboard yang disusun berdasarkan penelitian para ahli. Selain menambah kecepatan mengetik, susunan ini juga diyakini dapat menghindarkan para pengguna keyboard dari nyeri otot di bagian tangan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Colemak

Colemak

Susunan keyboard Colemak dibuat oleh Shai Coleman. Fungsi utamanya adalah meningkatkan kecepatan mengetik hingga 2,2 kali lebih cepat daripada menggunakan QWERTY. Selain itu, susunan keyboard ini dibuat dengan sedemikian rupa sehingga mampu menghindarkan diri kamu dari Repetitive Strain Injury (RSI) Syndrom, yaitu sindrom alias rasa nyeri dan kejang pada syaraf dan otot tangan karena terlalu sering mengetik secara repetitif, alias berulang kali dalam waktu yang lama.

Dvorak

Dvorak

Dvorak Simplified Keyboard merupakan susunan keyboard yang dipatenkan oleh Dr. August Dvorak pada tahun 1936. Susunan ini dibuat untuk mempercepat pengetikan, dengan memperhatikan kata-kata yang sering muncul, lalu meletakkan huruf-huruf pembentuknya di posisi yang paling mudah dijangkau oleh tangan. Dvorak sebenarnya memiliki ambisi untuk menggantikan QWERTY sebagai susunan huruf standar. Namun, usaha ini gagal karena banyak orang memilih untuk tetap menggunakan QWERTY sebagai keyboard utamanya. 


Mengganti susunan keyboard QWERTY pada smartphone android

Jika anda ingin mengubah format susunan keyboard selain QWERTY diponsel cerdas anda sebenarnya mudah , apalagi jika anda menggunakan format keyboard dari google keyboard yang secara default memang sudah terpasang . Kali ini saya akan jelaskan cara mengubah susunan keyboard di smartphone Android menjadi AZERTY, QZERTY, Dvorak, Colemak, dan sebagainya.

Gunakan Google Keyboard

Aplikasi keyboard Android yang saya tahu memiliki fitur ini adalah Google Keyboard yang dibuat oleh Google dan biasa menjadi keyboard bawaan di smartphone Android pada umumnya. Namun, kalau ternyata smartphone anda punya aplikasi keyboard sendiri, anda download aja dulu aplikasi Google Keyboard di bawah ini.

Mengubah Susunan Keyboard QWERTY Pada Smartphone Android

Langkah-langkah untuk mengganti layout keyboard di smartphone Android adalah sebagai berikut:

tombol keyboard tidak berurutan

Buka Setting, lalu masuk ke tab "Language & Input".

tombol keyboard tidak berurutan1

Buka Google Keyboard.

tombol keyboard tidak berurutan3

Masuk ke "Appearance & Layout".

tombol keyboard tidak berurutan4

Pilih "Custom input styles".

tombol keyboard tidak berurutan5

Klik ikon (+) di bagian atas.

tombol keyboard tidak berurutan6

Ganti bahasa dan layout-nya semau anda.

tombol keyboard tidak berurutan7

Untuk layout keyboard, ada beberapa pilihan yang bisa anda gunakan.

tombol keyboard tidak berurutan8

Kalau sudah selesai, klik "Add".

keyboard tidak berurutan81

Sekarang anda bisa kembali ke Google Keyboard Setting, lalu pilih Languages.

keyboard tidak berurutan82

Cari layout keyboard baru yang tadi sudah anda buat, lalu nyalakan.

keyboard tidak berurutan83

Sekarang keyboard anda sudah berubah, deh.

keyboard tidak berurutan85

Itulah cara mengubah susunan keyboard QWERTY di smartphone Android anda. Kalau anda punya cara lain yang lebih praktis, atau punya info lain seputar keyboard QWERTY, silakan tulis pendapat anda pada kolom comment di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel