Penyebab smartphone android cepat panas

APLIKASI PENDINGIN UNTUK SMARTPHONE DAN PENYEBAB HP CEPAT PANAS

Penyebab smartphone android cepat panas

Selamat Datang di Blog Orang IT . Pengguna smartphone merasa hp nya cepat sekali panas dan overheat bahkan baterainya cepat habis padahal pengguna tidak merasa melakukan aktivitas berat seperti browsing dan tidak banyak aplikasi yang terinstall dismartphone . Sebenarnya ada banyak hal yang membuat smartphone cepat overheat mulai dari faktor eksternal maupun internal , jika smartphone panas performanya akan menurun ditambah lagi ketakutan jika smartphone bisa meledak karena terlalu panas

Smartphone yang overheat bisa saja meledak , terlebih saat ditaruh di jok motor selain panas juga terguncang maupun ada bagian kecil dari komponen yang meleleh bisa berakibat fatal bagi mesin smartphone tersebut . Ada beberapa aplikasi yang diklaim bisa mendinginkan smartphone seperti aplikasi bawaan cleaner yang dilengkapi notifikasi jika smartphone terlalu panas disarankan untuk mematikan beberapa service yang berjalan dibalik layar . Sebelumnya kita pahami terlebih dahulu beberapa hal yang menyebabkan smartphone cepat panas :

a. Virus atau Malware Penyebab Smartphone Panas

Dalam berbagai hal baik komputer maupun smartphone, virus memang menjadi satu musuh utama. Tak sedikit dua perangkat penting ini, mengalami kerusakan dikarenakan terinfeksi berbagai macam virus berbahaya.

Jika virus atau malware sudah merasuk ke dalam smartphone, maka ia akan menjelma menjadi perusak yang dapat membajak dan merusak smartphone yang kita miliki kapan saja.

Saat virus sudah merasuk kedalam smartphone pasti menghambat kerja sistem, sehingga smartphone anda menjadi lemot karenanya.

Selain menyebabkan smartphone lemot, smartphone juga dipaksa harus bekerja lebih keras. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan smartphone sobat bisa menjadi panas.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya anda segera memasang antivirus smartphone terbaik, Kemudian lakukan scanning virus secara rutin, agar tidak ada lagi virus-virus yang tinggal terlalu lama di smartphone

Beberapa pengguna awam menganggap virus dismarthone itu hanya mitos , kenyataanya berdasarkan berita dari situs teknologi dunia banyak smartphone android terinfeksi virus cryptocurrency dan spyware yang mentracking aktivitas penggunanya . OS Android menjadi populer setelah windows jadi tidak heran jika para pembuat virus mulai menyasar korban para pengguna android

b. Perawatan Baterai yang kurang baik


Faktanya  banyak sekali pengguna yang tidak memperlakukan baterai smartphonenya dengan baik. Saking terlalu butuhnya dengan smartphone mereka terus menggunakannya tanpa batasan waktu.

Dampaknya , mereka sampai rela terus-terusan mencharger smartphone sambil tetap memainkan menggunakan smartphonenya.

Segi performa baterai pun akan sangat mengalami penurunan yang sangat drastis, bahkan daya tahannya akan sangat berkurang. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan smartphone menjadi cepat panas, terutama saat performa baterai lemah dipaksa harus bekerja sangat optimal.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya  jangan memakai smartphone saat kondisinya sedang mengisi daya. Hal ini akan memaksa smartphone bekerja melebihi kapabilitasnya, lebih dari itu bahkan dapat merusak smartphone itu sendiri, baik batrai, LCD dan lainnya.

c. Cuaca dan Sirkulasi Udara


Cuaca merupakan salah satu penyebab eksternal yang dapat menyebabkan smartphone  menjadi panas. Saat anda menggunakan smartphone dibawah terik matahari misalnya, pengaruh panasnya sinar matahari tersebut, juga akan dengan mudah merubah suhu smartphone.

Dampaknya akan sangat mengganggu bagi performance smartphone secara keseluruhan, terutama performance bagian internalnya.

Selain terik matahari, minimnya sirkulasi udara juga akan menyebabkan smartphone mudah panas. Seperti menaruhnya di dalam kantong celana, atau tas yang sangat tertutup.

Oleh karena itu, taruhlah smartphone di tempat-tempat bersirkulasi udara yang baik. Hindari juga menggunakannya dibawah terik matahari langsung. Carilah terlebih dahulu tempat yang teduh atau dibawah pohon, sehingga suhu smartphone akan tetap terjaga karenanya.

d. Casing yang Salah

Seiring majunya zaman, aksesoris smartphone canggih juga banyak bermunculan. Berbagai aksesoris banyak dibuat dengan beragam fungsi, tak terkecuali pada casing sebagai dudukan suatu smartphone.

Bermunculannya casing smartphone yang terbuat dari bahan metal atau alumunium, sangat berperan besar menjadikan smartphone cepat panas.

Betapa tidak, bahan ini akan sangat melipat gandakan suhu. Bukan hanya dapat melipat gandakan panas, bahkan saat cuaca dingin, bahan ini mampu meningkatkan suhu dingin tersebut menjadi beberapa kali lipat.

Untuk menjaga smartphone agar tidak kepanasan, menggunakan casing berbahan adem seperti plastik atau silikon adalah suatu keharusan bagi para pemiliknya.

e. Sinyal yang Buruk

Pernahkah anda berkunjung ke suatu wilayah yang sangat kesulitan memperoleh sinyal telekomunikasi ?  Jika hal tersebut anda alami sebaiknya segeralah matikan smartphone , atau setidaknya ubah modusnya menjadi mode pesawat

Saat sinyal tidak ada, maka smartphone akan selalu bekerja keras untuk mencari keberadaan sinyal tersebut. Akibatnya selain daya baterainya menjadi terkuras, suhu smartphone bisa menjadi panas.

f. Menyalakan Aplikasi Bersamaan

Ternyata aplikasi yang kita miliki juga ikut berperan besar dalam merubah suhu smartphone menjadi panas, terutama jika aplikasi tersebut dimainkan secara bersamaan.

Aplikasi yang dibuka secara bersamaan akan sangat menghambat kinerja smartphone sobat, sehingga smartphone menjadi panas karenanya.

Untuk menghindarinya buka dan gunakanlah aplikasi satu saja. Jika ingin menggunakan aplikasi lain, tutuplah aplikasi sebelumnya sampai benar-benar keluar.

Jika hal itu dilakukan maka berarti anda telah berjuang menjaga performa smartphone, dan mencegahnya dari suhu berlebih karena kinerja yang berlebihan.

g. Spesifikasi Minim

Spesifikasi pada smartphone ternyata juga sangat berpengaruh . Semakin canggih suatu smartphone, lengkap dengan RAM dan jenis prosesornya, maka dijamin smartphone akan jauh dari kata panas.

Jika smartphone sudah menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow, prosesor Qualcomm Snapdragon 801, dan ukuran RAM minimal 3 GB, maka masalah smartphone panas adalah sesuatu yang benar-benar bisa dihindari.

Aplikasi pendingin smartphone terbaik

1. Cooler Master – CPU Cooler


Cooler Master – CPU Cooler adalah Aplikasi pendingin smartphone ini dirancang oleh Research Center for Android. Ukurannya yang hanya sekitar 1,7 MB akan membuat proses download dan instalnya relative cepat.

Selain dapat mendinginkan smartphone , aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memantau suhu hingga menganalisa pengggunaan CPU.

Kerennya lagi aplikasi ini juga dapat memantau aplikasi yang memakai daya baterai terlalu tinggi, sehingga dengan memasangnya maka daya baterai pun akan menjadi lebih hemat dari pada sebelumnya.

2. Cooler Master – Clean Booster

Cooler Master – Clean Booster dirancang oleh oleh Mobile Clean System Lab, dengan ukuran file 1,6 MB. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mengendalikan dan mengurangi kinerja CPU, mendeteksi suhu smartphone, dan juga mendinginkan suhu smartphone saat terjadi overheat.

3. Device Cooler – Cooling Master

Device Cooler – Cooling Master memiliki ukuran cukup besar yakni 5,3 MB. Aplikasi yang dirancang oleh Technoapp ini memiliki jumlah download yang cukup banyak yakni berjumlah sekitar 1 juta yang mendownload maupun pemakainya.

Sama seperti aplikasi pendingin smartphone sebelumnya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk mendinginkan Android saat terjadi overheat dan memantau kinerja CPU yang berlebihan.

4. Cooling Master – Phone Coole

Cooling Master – Phone Coole dirancang oleh PICOO Design, memiliki ukuran yang cukup besar yaitu  5,5 MB. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pendingin smartphone populer bagi para pengguna gadget.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengunduhnya yang melebihi angka 100 juta pengguna.

Selain dapat mendinginkan smartphone saat terjadi overheat, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memantau suhu, dan menampilkan kurva suhu smartphone.

pemantauan dan  pengendalian suhu profesional yang dapat menutup aplikasi dengan konsumsi sumber daya berat, dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan CPU serta menurunkan suhu smartphone.

5. DU Phone Cooler & Cool Master

DU Phone Cooler & Cool Master dirancang oleh PicTools Grup ini, memiliki ukuran 3,6 MB.

Dengan memiliki aplikasi pendingin smartphone ini maka sobat tak perlu khawatir lagi akan smartphone panas, karena aplikasi ini dapat mendinginkan smartphone sobat hanya dengan satu ketukan saja.

Adapun fungsi lain dari aplikasi ini antara lain adalah memonitor suhu android dan menganalisa terjadinya overheat.

Selain itu aplikasi ini juga sangat baik untuk ketahanan baterai smartphone dengan fitur battery cooler, yang berfungsi menghemat dan memperpanjang masa pakai baterai.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab smartphone android cepat panas"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel