Menampilkan dan menyembunyikan pengembang diandroid

CARA MEMUNCULKAN DAN MENGHILANGKAN OPSI PENGEMBANG DIANDROID

Menampilkan dan menyembunyikan pengembang diandroid

Selamat Datang di Blog Orang IT . Pada kesempatan kali ini akan saya sharing bagaimana cara menampilkan atau menyembunyikan pengaturan opsi pengembang atau developer option pada hape android anda dengan mudah , perlu diketahui bahwa opsi pengembang dulunya bisa kita lihat langsung dibagian setelan namun karena fungsi pengaturan didalamnya sangat sensitif dan rentan terjadi kesalahan OS jika diotak-atik oleh pengguna awam , android pun melakukan pembaharuan sejak versi 4.2 dan memutuskan untuk menyembunyikan menu pengaturan opsi pengembang . Hal ini dikarenakan banyak kejadian pengguna awam android yang merusak sistemnya sendiri karena ketidak tau an bagaimana cara mengatur developer option jika kita lihat disana dulu ada pengaturan yang jika dipilih membuat tampilan layar android seperti konslet berwarna-warni nah inilah sebenarnya salah satu penyebab yang tidak dipahami sama sekali oleh pengguna awam

Beberapa pengguna android melakukan aktivitas khusus terhadap smartphone nya misalnya dalam hal rooting , flashing atau debugging semua itu memerlukan akses pe developer option nah bagaimana kita bisa melakukan hal itu semua jika pada versi android terbaru opsi tersebut disembunyikan ? sebenarnya banyak sekali keperluan lain yang membutuhkan akses ke opsi pengembang dulu saat saya kuliah membuat aplikasi android kemudian untuk demo didepan dosen menggunakan semacam simulasi untuk menampilkan layar melalui playback eclipse jadi wajib melakukan debugging ketika menjalankan program yang dibuat

Walaupun sama-sama android, masing-masing tipe perangkat / hp dan versi android bisa saja mempengaruhi istilah atau penempatan opsi-opsi dan setelan-setelan di dalamnya. Tutorial ini menggunakan HP Asus Zenfone 4 dengan Android versi 5. Jika anda memiliki tipe perangkat dan versi Android yang berbeda, anda tetap bisa menggunakan tutorial ini karena langkah-langkah yang dilakukan seharusnya tidak akan jauh berbeda.

Menampilkan menu developer option pada android

  • Masuklah ke dalam setelan android kemudian gulir hingga ke paling bawah. Biasanya opsi pengembang terletak di atas opsi about, namun kali ini disembunyikan.
  • Sekarang pilihlah opsi about dan cari info nomor bentukan (build number). Info tersebut terdapat di bagian software information, maka pilihlah Software Information.
  • Di sana anda akan menemukan bagian nomor bentukan atau build number. Ketuk sebanyak 7 kali pada bagian tersebut hingga muncul pernyataan "Sekarang anda adalah seorang pengembang!".
  • Selesai sudah langkah yang sangat singkat ini. Kini opsi pengembang telah muncul pada setalan android sobat. Untuk selanjutnya dalam mendukung keperluan-keperluan tertentu, anda hanya perlu mengaktifkan dan mematikan opsi pengembang ini.
  • Namun jika anda merasa takut jika ada kemungkinan opsi pengembang ini digunakan dengan sembarangan saat smartphone sobat digunakan oleh orang lain, anda bisa menghilangkan kembali opsi ini. Berikut adalah langkah mudah untuk menghilangkan opsi tersebut, yang tentunya tidak akan berlaku pada android versi 4.1 ke bawah.

Menyembunyikan developer option pada android

  • Masuklah ke dalam setelan Android kemudian pilih Apl / Apps / Aplikasi.
  • Carilah aplikasi setelan / setting / pengaturan pada tab Semua / All Aplikasi.
  • Kemudian pilih dan ketuk aplikasi tersebut jika sudah anda temukan.
  • Terakhir ketuk hapus data / clear data dan pilih OK jika muncul persetujuan.

Dengan begini opsi pengembang pada setelan android akan kembali disembunyikan. Namun dengan melakukan langkah-langkah untuk menghilangkan opsi pengembang tadi, mungkin konfigurasi yang telah anda lakukan pada setelan akan kembali ke keadaan semula (saya juga tidak tahu pasti)

Belum ada Komentar untuk "Menampilkan dan menyembunyikan pengembang diandroid"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel