Cara cek keaslian lisensi windows original

JENIS - JENIS LISENSI WINDOWS DAN TIPS AGAR TERHINDAR DARI PENIPUAN

Cara cek keaslian lisensi windows original
Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan kali ini saya akan sharing mengapa banyak orang menjual lisensi windows dengan harga yang murah sekali lebih murah ketimbang harga versi originalnya langsung di miscrosoft store , sebagian orang akan bertanya apakah lisensi windows ini benar-benar asli ? apakah ada kerugian membeli lisensi windows dengan harga sangat murah ini ? bagaimana cara membedakan lisensi windows asli dan bajakan ? semuanya akan saya bahas secara lengkap dalam satu artikel kali ini

Saat pertama kali membeli laptop atau komputer hal pertama kali yang Helmykkediri.com lakukan adalah menginstall sistem operasi windows atau mungkin dalam produk tersebut memang sudah disertakan windowsnya . OS windows paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia karena kompatible dengan banyak hardware , didukung oleh software terbaru , games serta penggunanya mudah . Namun kita semua juga tahu bahwa windows merupakan produk lisensi berbayar bukan barang gratisan

Sekarang ini banyak orang yang menjual lisensi windows dengan harga 100 - 200 ribuan , hal ini sangat berbeda jauh dengan harga asli di web microsoft . Mengapa harganya murah apakah itu lisensi ilegal ? kalau ilegal mengapa bisa digunakan untuk mengaktivasi windows secara online ?

Pertama kita harus mengenal terlebih dahulu jenis- jenis lisensi windows :

1. Lisensi retail / Full Pack Page

Lisensi retail / Full Pack Page
Windows Retail merupakan Windows yang dijual terpisah dengan perangkat yang dijual. Ciri-cirinya adalah, dikemas dalam box yang cukup tebal. Berisi DVD installer 32-bit dan 64-bit, beserta buku-buku panduan dan tentu product key. Terkadang juga tersedia media instalasinya berupa flashdisk. 

Lisensi ini dapat digunakan untuk PC lain. Namun, jika ingin menggunakan lisensi ini di PC lain, maka anda harus menghapus Windows pada PC lama anda sebelum lisensi ini dapat digunakan kembali pada PC baru 

Jika anda membeli online melalui Microsoft Store, maka anda akan mendapat email untuk product key dan link unduh Windows Retail.  Lisensi Windows ini bisa kita dapatkan langsung dari Microsoft Store atau retail yang menjual secara resmi. 

Kelebihan:

- Windows Retail dapat dipindahkan ke PC lain apabila PC yang lama telah rusak atau jika anda mengganti hardware. Namun dengan syarat harus menghapus instalasi Windows di PC sebelumnya.

- Anda dapat dengan bebas mengganti hardware, baik kartu grafis, RAM, Processor, harddisk maupun motherboard. Biasanya saat anda mengganti hardware terkadang terdapat masalah aktivasi. Namun dengan mengaktivasi ulang Windows, masalah ini dapat teratasi.

- Mendapat dukungan penuh dari Mirosoft, artinya jika ada masalah pada Windows. Customer service Microsoft akan bersedia membantu anda dalam menangani masalah pada jam kerja.

Kekurangan:

- Harga yang lebih mahal. Tetapi semua diimbangi dengan Customer Service yang siap sedia melayani dan kebebasan mengganti hardware.

- Kurang praktis. Karena Windows Retail dijual terpisah dengan hardware, maka anda harus memasangnya sendiri, dan juga harus memasang driver sendiri. Pada Windows 10 kita dipermudah, dengan hanya menyalakan internet dan masuk ke Windows Update, maka Windows akan otomatis mengunduh driver yang diperlukan.

2. Lisensi OEM Original Equipment Manufactur

Lisensi OEM Original Equipment Manufactur
Windows OEM adalah Windows yang terdapat pada perangkat yang dijual dengan Windows bawaan (Pre-installed). Ciri-ciri fisiknya adalah, terdapat sticker Windows dan COA untuk OS sebelum Windows 7 pada casing perangkat yang dijual.

Windows OEM tidak dibekali dengan DVD installer Windows, karena sudah terpasang pada perangkatnya. Jika ingin mengembalikan ke setingan pabrik, biasanya Windows OEM sudah dibekali partisi recovery pada perangkat tersebut, dan kita hanya perlu untuk menjalankan sistem recovery

Windows OEM hanya mendapat dukungan dari Manufacturer saja, bukan dari Microsoft. Contoh anda membeli PC Toshiba dan terpasang Windows 7 Pro, maka jika ada masalah dengan Windows, anda hanya dapat layanan dari Toshiba. Maka pilihlah Merk terpercaya jika ingin membeli perangkat dengan Windows original, agar tidak mengecewakan.

Windows OEM tidak bisa digunakan pada perangkat lain karena lisensi sudah terdaftar untuk perangkat itu saja.

Untuk Windows 8 keatas, biasanya product key akan terdapat pada UEFI BIOS untuk menghindari pencurian product key.

Namun untuk Windows 7 kebawah, biasanya product key tertera pada COA seperti gambar diatas yang merupakan contoh COA Windows 7 Pro Dell. Meskipun sudah ada product key pada COA, biasanya Manufacturer menggunakan product key generic untuk mempercepat produksi dari perangkat.

Product key generic berbeda beda tergantung manufacturernya. Metode ini disebut juga dengan OEM System Locked Preinstallation (SLP). SLP bekerja dengan cara membaca informasi pada BIOS, validasi ini perlu sertifikat SLP khusus untuk membacanya. Jika pada BIOS tidak terdapat informasi yang diperlukan, maka aktivasi akan gagal.

Kelebihan:

- Lebih murah, karena Manufacturer mendapat potongan harga khusus dari Microsoft. Contoh Dell Inspiron 3162 dengan harga dibawah 3.5 Juta mendapat Windows 10 Home Single Language original senilai kurang lebih 1,5 Juta.

- Lebih praktis, driver dan perangkat lunak lain sudah terpasang tanpa perlu dipasang secara manual.

- Jika ingin mengembalikan ke settingan pabrik maka anda hanya perlu menjalankan recovery dari perangkat tersebut tanpa perlu memasang driver kembali.

Kekurangan:

- Hardware-based activation. Jadi tidak dapat dipindahkan ke PC lain.

- Jika melakukan upgrade hardware dikhawatirkan aktivasi nya tiba-tiba tidak berfungsi. Oleh karena itu hubungi Customer service dari Manufacturer untuk mendapatkan bantuan.

3. Lisensi volume

Lisensi yang diberikan kepada bisnis dan perusahaan yang punya banyak PC, sehingga Microsoft menjual lisensi yang dapat diinstal ke seluruh PC yang ada di perusahaan tersebut. Berapa jumlahnya? Itu tergantung perjanjian kerja sama antara Microsoft dan perusahaan. Seperti kampus XXXX yang udah kerja sama dengan Microsoft makanya seluruh PC di kampus, laptop milik dosen dan mahasiswanya menggunakan lisensi Windows ori. 

Lisensi jenis apa yang biasanya dijual murah ?

Lisensi volume
Lisensi yang kebanyakan dijual lebih murah dari pada aslinya biasanya berasal dari jenis lisensi OEM system builder , Lisensi jenis ini kurang lebih sama dengan OEM, tetapi OEM System Builder ini perbedaannya pada Manufacturernya. Jika OEM itu Manufacturernya terkenal seperti Dell, Lenovo, ASUS, HP, Toshiba, dll. Sedangkan System Builder ini biasanya hanya milik perusahaan kecil yang merakit PC, lalu dijual kembali dengan Windows yang sudah terpasang.

Ciri-cirinya adalah PC Rakitan yang dijual dengan windows original, pada COA terdapat tulisan “OEM Software”. Anda hanya mendapat dukungan dari toko yang menjual perangkat tersebut

Ada juga pedagang yang menjual System Builder terpisah dengan perangkat, biasanya dikemas pada box yang tipis. Nah ini yang banyak disalahgunakan. Seharusnya kita tidak boleh membeli Windows OEM System builder untuk digunakan sendiri. Karena OEM System builder hanya boleh digunakan untuk orang yang mau menjual ulang PCnya dengan Windows yang sudah terpasang.

Sama seperti OEM, System Builder tidak dibekali installer Windows, dan tidak dapat dipindah ke perangkat lain.

Jika anda membeli laptop dengan bundle windows harusnya laptop tersebut sudah di intall lisensi windows preaktive yang berlisensi , namun apabila suatu saat muncul notifikasi windows is not genue berarti anda ditipu sama toko tempat beli laptop . Anda ditarik biaya untuk windows original padahal laptopnya di install windows dengan aktivitor bajakan banyak teman saya yang mengeluh windowsnya blackscreen karena tidak compatible dengan aktivator yang digunakan sebelumnya padahal harusnya laptopnya bundle dengan windows
Baca juga : 

Cara mengatasi blackscreen windows 

Cara mengatasi bluescreen windows

Cara cek keaslian jenis lisensi windows

Setelah membaca artikel diatas pasti anda penasaran dengan jenis lisensi yang anda gunakan apakah masuk retail , OEM atau volume meskipun anda sebenarnya menggunakan aktivator hehe

Cara cek keaslian jenis lisensi windows
Berarti itu lisensi yang harganya murah asli atau palsu ? 

Sudah saya jelaskan mengenai 3 jenis lisensi windows yaitu retail , OEM dan volume jadi jika ada yang tanya apakah lisensi ini asli jawabnya sudah pasti bahwa lisensi ini ASELI karena dikeluarkan secara resmi oleh microsoft dan bisa diaktivasi secara online .

Hanya saja kebanyakan orang menggunakan cara yang salah misalnya lisensi volume yang seharusnya digunakan untuk perusahaan dengan 500 PC karena sisa akhirnya digunakan pada komputer pribadi begitu pula dengan lisensi OEM system builder pada perusahaan kecil . Ada juga lisensi retail yang didapat dari hasil hacking / carding

Seperti yang dijelaskan Microsoft, bahwa OEM dan System Builder tidak boleh digunakan untuk penggunaan pribadi. Namun hanya untuk Manufacturer yang ingin memasang perangkatnya dengan Windows original.  Kalau ga percaya silahkan dibaca sendiri disini https://dpcenter.microsoft.com/

Tips memilih lisensi windows

Untuk anda yang ingin membeli Windows original pada PC Rakitan / Perangkat tanpa Windows bawaan, satu satunya cara adalah membeli Windows Retail. Terutama jika anda sering ganti PC atau upgrade hardware, karena jika menggunakan Windows OEM dikhawatirkan anda akan mengalami kegagalan aktivasi.

Jika anda ingin kemudahan, dan anda tidak berencana ganti PC maupun upgrade hardware, dan tentunya jika ingin menghemat dana. Maka Windows yang tepat adalah Windows OEM bawaan perangkat.

Diluar sana banyak yang menjual Windows original dengan harga murah bahkan hanya ratusan ribu, tetapi kebanyakan hanyalah OEM System Builder, Volume License, bahkan ada juga product key Retail curian.  Jika ingin Windows original murah dengan membeli perangkat dengan bundling Windows.

Efek bertahan dengan windows bajakan

Windows XP memiliki proses Windows Genuine Advantage saat melakukan Windows Update, ini menyebabkan user terkunci dan tidak bisa menggunakan komputer miliknya

Windows Vista lebih melunak dengan adanya fitur “reduced-functionality mode”, user bisa login seperti biasa tapi hanya satu jam saja. Sebelum adanya Service Pack 1, reduced-functionality mode Windows Vista hanya membiarkan anda untuk menggunakan Internet Explorer selama satu jam

Windows 7 semakin melunak lagi dari versi Windows sebelumnya, dan semakin melunak di Windows 8 dan Windows 8.1. Bila anda menggunakan Windows bajakan, anda akan mendapatkan pesan Windows not is not geniune setiap satu jam sekali. Wallpaper desktop berubah menjadi hitam dan dibagian pojok kanan akan muncul text This copy Windows is not genuine. Meskipun anda mengganti wallpaper, mereka akan kembali seperti semula. Selain itu pengguna juga tidak akan mendapatkan Windows Update dari Microsoft.

Kesimpulanya

Semua kembali lagi pada diri anda masing - masing karena itu pilihan apakah mau menggunakan Windows ori atau bajakan, atau lebih memilih menggunakan sistem operasi lain seperti Linux karena gratis dan dengan sistem open source nya bisa dioprek-oprek sesuai keinginan kita sendiri.

Jika anda pengguna windows bajakan tidak usah bangga mengatakan " tinggal dicrack atau pakai aktivator saja ribet amat " ketahuilah bahwa tidak semua orang ingin mendapatkan produk resmi dengan cara yang tidak benar seperti anda misalnya saya blogger tiap hari bekerja didepan komputer kalau punya uang lebih pastilah beli lisensi windows tapi alhamdulillah ternyata sudah ada bawaan perangkat

Demikian postingan saya mengenai bagaimana cara cek keaslian windows silahkan jika ada dana lebih untuk membeli produk resminya dengan versi Retail full pack page hanya satu kali beli gratis untuk update versi windows selanjutnya . Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih sudah berkunjung

cek keaslian lisensi windows original
Harga aseli

Belum ada Komentar untuk "Cara cek keaslian lisensi windows original"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel