Menjalankan Banyak Aplikasi Sekaligus

CARA MENJALANKAN BANYAK APLIKASI HANYA DENGAN SEKALI KLIK

Cara Menjalankan Banyak Aplikasi

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan sebelumnya kita sudah membahas cara install aplikasi secara masal, kini kita akan membahas informasi yang memang lanjutan dari postingan kita sebelumnya yang kali ini akan membahas tentang cara menjalankan banyak aplikasi secara sekaligus hanya dengan sekali klik. Jadi hanya dengan sekali klik maka otomatis akan menjalankan beberapa program aplikasi yang memang telah dipilih sebelumnya .

Memang semakin waktu berjalan maka semakin banyak pula teknologi canggih yang menghiasi dunia kita, dan salah satu teknologi tersembunyi yang mungkin belum banyak orang mengetahui teknologi ini adalah cara menjalankan banyak aplikasi secara sekaligus dengan sangat mudah. Bahkan mungkin anda tidak pernah berfikir mengenai cara ini, tetapi nyatanya hal ini bisa anda lakukan dengan sangat mudah dan bahkan tidak perlu menggunakan aplikasi apapun. Lalu bagaimanakah cara menjalankan banyak aplikasi secara sekaligus? Caranya yaitu menggunakan fungsi Batch yang memang disediakan oleh komputer kita.

Pengertian Batch File

Batch merupakan salah satu script asli yang digunakan dalam sistem operasi Windows untuk menjalankan perintah yang akan dieksekusi pada command line. Untuk menggunakan fungsi Batch ini secara mudahnya bisa anda terapkan langsung menggunakan aplikasi command prompt (cmd) yang memang sudah disediakan oleh Windows versi berapapun. Selain bisa anda gunakan untuk menjalankan aplikasi secara masal pada sistem operasi anda,

Cara Membuat Batch File

Dalam membuat batch file, anda harus membuatnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi anda sendiri. Anda dapat menggunakan Notepad ataupun Wordpad untuk membuat fungsi Batch yang dapat anda gunakan untuk melakukan pemanggilan aplikasi yang ingin anda jalankan. Untuk scriptnya anda bisa menggunakan script sebagai berikut yang bisa anda tulis di Notepad ataupun Wordpad anda.

@echo off

cd "C:\Program Files\CCleaner"
start CCleaner.exe


cd "C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager"
start IDMan.exe


exit

Setelah anda tulis script tersebut pada Notepad, anda bisa menyimpannya dengan namafile.bat atau dengan ekstensi yang lainnya tergantung pada keperluan dan kegunaannya. Cara penggunaanya tinggal klik namafile.bat kemudian otomatis akan menjalankan program CCleaner dan IDM .

Lalu kita akan sedikit menjelaskan tentang fungsi-fungsi yang terdapat dalam script fungsi batch yang kita contohkan di atas. Untuk mengetahuinya dapat anda lihat di bawah ini.

- @echo off

Perintah ini bisa dibilang sebagai perintah yang sangat penting karena bertugas untuk otomatis menjalankan windows command prompt (cmd) ketika anda membuka file yang anda buat.

- cd “C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager

Perintah ini bertugas untuk melakukan pemindahan direktori. Dimana direktori tersebut merupakan tempat dimana file yang anda buka akan tersimpan

- Start IDMan.exe

Perintah ini berfungsi untuk melakukan pemanggilan direktori yang memang sudah diberi perintah pada script di atasnya. Jadi kita akan menjalankan program IDM

- Exit

Perintah ini merupakan akhir dari segala perintah dalam fungsi batch.

Begitulah cara menjalankan banyak aplikasi secara sekaligus dengan menggunakan batch file. Memang dalam penggunaannya sangatlah mudah. 

Selain itu, yang perlu diingat, anda tidak boleh menjalankan aplikasi sekaligus dalam jumlah yang sangat banyak. Hal itu akan berpengaruh di dalam processor dan juga RAM anda yang mungkin tidak akan kuat memproses aplikasi yang begitu banyaknya.


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Menjalankan Banyak Aplikasi Sekaligus"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel