Menganalisa Bunyi Beep Komputer saat Booting

PENYEBAB BUNYI BEEP KOMPUTER PADA SAAT BOOTING

4 Cara Mengatasi Laptop Bunyi Ketika Dihidupkan

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya sebelumnya Sofware Simulasi Sholat dan Dzikir Audio  , kemudian pada Postingan kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam bunyi beep pada laptop saat menyala . Perlu anda ketahui ketika Laptop atau PC anda Booting kemudian mengeluarkan bunyi beep beberapa kali dan panjang pendek bunyi tersebut memiliki arti diagnosis kesalahan pada perangkat komputer anda ( jika anda adalah orang yang peka ) . Namun banyak orang terkadang mengabaikan bunyi tersebut .

Saat pertama kali PC dihidupkan, PC secara otomatis akan melewati proses yang dinamakan POST (Power On Self Test), yaitu proses dimana PC akan mengecek semua hardware yang terpasang dalam PC apakah bekerja dengan normal atau ada suatu masalah. Biasanya speaker kecil di dalam PC akan berbunyi beep sebanyak dengan kerusakan yang ada pada PC tersebut. Misalnya berbunyi satu kali pendek, maka PC itu dinyatakan normal dan akan melewati proses POST tersebut.

Berikut analisa bunyi beep yang muncul saat proses booting pada PC :

1. Bunyi Beep pendek 1 kali

Bunyi “beep” pendek sekali dapat mengindikasikan bahwa komputer atau laptop kamu berhasil melakukan dan menghidupkan semua komponen yang dibutuhkan untuk prosse boot up sebuah perangkat komputer. Jika bunyi ini terdengar namun perangkat tidak menyala, cobalah cek monitor kamu.

2.  Bunyi Beep pendek 2 kali

Bunyi “beep” pendek 2 kali dapat berarti terdapat masalah pada konfigurasi atau setting CMOS ( bisa anda lihat disini ) atau mungkin ada masalah pada motherboard atau memory di laptop kamu, biasanya terjadi jika laptop terbentur.

3. Bunyi Beep panjang kemudian pendek 2 kali

Artinya ada masalah pada monitor atau VGA laptop anda. sering terjadi bila menggunakan vga onboard. ( silahkan konsultasi pada ahlinya )

4.  Bunyi Beep panjang kemudian pendek 3 kali

Mungkin terdapat masalah pada keyboard ( silahkan di baca disini ) , atau mungkin karena keyboard kotor , tertekan macet , untuk masalah keyboard sepertinya anda harus membongkarnya dan membersihkanya dari dalam atau bisa menggunakan keyboard test portabel untuk mediagnosa kesalahan. Sering ditandai dengan tidak menyalanya lampu led pada keyboard.

5. Bunyi Beep panjang kemudian pendek 9 kali

Ini sebenarnya jarang terjadi tapi jika memang anda mengalami Artinya ROM laptop anda bermasalah. Wajib dibawa ke tempat service. 

6. Bunyi Beep panjang terus menerus

Artinya ada masalah dengan RAM laptop kamu. Tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah membuka dan mengambil RAM dari balik laptop, lalu membersihkan RAM tersebut dengan penghapus karet atau kain, bersihkan juga dengan kompresor untuk membuang debu-debu baik di RAM, slot RAM, maupun di dalam laptop, lalu pasang kembali RAM. Jika belum berhasil, coba ubah slot untuk menempatkan RAM.

7. Bunyi Beep pendek terus menerus

Artinya power supply atau tegangan listrik yang masuk ke laptop bermasalah. Silakan cek charger atau sumber listrik . Cek daya listrik di rumah , ganti kabel power supplay atau gunakan volt stage meter untuk menjaga daya tegangaan agar selalu stabil.

8. Bunyi Beep panjang kemudian pendek 1 kali

Artinya ada masalah pada perangkat keras motherboard atau memory kamu. Pastikan kedua perangkat tersebut telah terpasang dengan baik.

9. Bunyi Beep panjang terus menerus

Kerusakan/kesalahan Pada DRAM, DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard,perhatikan pci pada DRAM yang di pasang

Demikian postingan mengenai Penyebab Bunyi Beep saat PC anda booting . Mungkin beberapa masalah bisa diperbaiki sendiri seperti membersihkan debu pada perangkat pc atau mengganti komponent RAM , VGA dll namun beberapa masalah seperti CMOS sepertinya memang harus ditangani oleh ahlinya . Semoga bermanfaat .


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

0 Response to "Menganalisa Bunyi Beep Komputer saat Booting"

Posting Komentar

Sumber artikel : Pengetahuan penulis , opini pribadi dan kekhilafan admin

Komentar yang membutuhkan jawaban silahkan WA , tidak semua komentar saya terbitkan karena kesibukan urusan pekerjaan yang padat namun diusahakan selalu dibalas baik secara langsung maupun melalui artikel terbaru

Semua komentar dihapus setiap awal bulan ketika proses backup artikel , blog update otomatis setiap jam 6 pagi sampai juli 2019

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel