Memperbaiki Touchpad Laptop tidak Berfungsi Normal

CARA MENGATASI TOUCHPAD TIDAK BERFUNGSI NORMAL PADA LAPTOP

 

Selamat Datang di Blog Orang IT . Postingan saya sebelumnya mengenai Download Software Tambah Group Facebook Terbaru dan pada postingan kali ini akan membahas Bagaimana memperbaiki Touchpaad yang tidak berfungsi pada Laptop anda , baik tidak berfungsi sama sekali ataupun berfungsi namun tidak normal seperti biasanya .
Touchpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.
Touchpad memberikan bantuan khusus bagi pengguna untuk mengerjakan pekerjaan yang selalu mengandalkan mouse secara berlebihan. Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm² (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci²). Touchpad juga dapat ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, seperti iPod menggunakan click wheel .

Beberapa penyebab umum yang mengakibatkan Touchpad pada Laptop tidak berfungsi sebagai mana mestinya. diantaranya adalah :
1. Laptop terkena serangan virus
2. Touchpad kotor karena terkena debu / noda
3. Touchpad terkena minyak keringat
4. Driver touchpad hilang atau belum terinstal
5. Kesalahan settingan pada program touchpad
6. Kerusakan Hardware (touchpad)
7. Kerusakan Driver
8. Driver belum terinstall
9. Kesalahan setting touchpad
0. File system corrupt
Berikut beberapa cara yang terbukti ampuh dalam memperbaiki Touchpad yang tidak berfungsi normal pada laptop yang biasa dialami oleh pengguna laptop :

A. Membersih Debu , Minyak

Taouchpad pada laptop mempunyai sifat sensitif , artinya jika touchpad sampai kotor atau tertutup debu tentunya mengurangi sensitivitas touchpad itu sendiri , ada baiknya untuk selalu melakukan perawatan dengan membersihkan seluruh bagian laptop dengan kain kanebo (jangan terlalu basah) atau coba bersihkan dengan Alkohol untuk membersihkan Noda membandel sisa makanan yang sulit di bersihkan dengan air biasa

B. Download Driver Resmi Touchpad

Pada saat pertama kali menggunakan laptop / notebook, memang touchpad kita sudah secara otomatis dapat dipakai, tetapi jangan lupa juga untuk melakukan instalasi driver touchpad yang disediakan di website resmi vendor laptop kita. seperti Asus, Toshiba, HP, Acer, Lenovo, dll. karena dengan instalasi driver touchpad, maka akan mengurangi resiko terjadinya error. Alamat download driver masing - masing vendor :

7. Axioo
C. Scanning Software Antivirus

Virus / malware memang menimbulkan dampak signifikan pada hardware, baik internal maupun eksternal. Biasanya virus mengacaukan program sistem, sehingga berbagai hardware tidak dapat berjalan dengan maksimal. Contohnya yang terjadi pada kasus touchpad yakni kursor tidak dapat bergerak atau kursor bergerak sendiri.
Alangkah baiknya sebelum melakukan perbaikan lebih lanjut anda melakukan Scanning untuk membersihkan Virus pada laptop anda secara Full .

D. Setting di Control Panel

Mungkin saja Toucpad anda tidak berfungsi secara normal dikarenakan kesalahan pencet yang merupakan kombinasi tombol untuk mematikan Toucpad pada laptop yaitu Fn + Ikon Touchpad , anda bisa mengaktifkanya kembali lewat Control Panel dengan Cara Control Panel - Harware and Sound - Device and Sound - TAB Device Setting pilih Enable pada Synaptics Touchpad 

8 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Dapat Berfungsi 

E.  Hapus Driver Mouse / Touchpad

Apabila settingan touchpad sudah sesuai (on/aktif) maka barangkali kesalahan ada pada software bawaan dan touchpad masih belum bekerja dengan normal. Masuk ke control panel –> system –> device manager. kemudian cari bagian mice and other pointing device –> klik simbol di sampingnya kemudian hapus driver yang bernama Synaptics PS/2 Port Touchpad dengan cara arahkan pointer mouse di driver tsb –> klik kanan –> pilih delete.



Setelah anda delete driver, restart kembali laptopnya dan driver touchpad akan refresh kembali dengan automatic install saat OS windowsnya up kembali.

F.  Memperbaiki Melalui Registry

Dalam beberapa kasus touchpad tidak berfungsi normal antara tombol kanan dan kiri terbalik , atau laptop tidak bisa melakukan klik sama sekali maka bisa di coba memperbaiki dengan melakukan edit pada registry windows 

1. Masuklah kedalam regirtry editor (regedit) carany, klik star= > "RUN"isi tab dengan kata "regedit" setelah ituklik OK.

2. Carilah key berikut ini HKEY_CURRENT_USER => Control Panel=>mouse

3. Perhatikan disebelah kanan cari value "swapmousebutton" biasanya paling bawah=> klik 2x (double klik) maka akan muncul kotak dialog "edit string", pada tab "value data" rubah nilai menjadi 0, setelah itu klik OK.

4. Restart komputer anda.

H. Matikan Laptop

Terkadang banyak cara telah dicoba untuk memperbaiki Toucpad yang tidak berfungsi dengan normal , pointer bergerak sendiri kekanan dan ke kiri namun tidak berhasil , kemudian saya coba cabut baterai laptop dan diamkan laptop dalam kondisi tidak teraliri listrik selama 2 jam setelah itu coba pasang baterai kembali mungkin dengan cara ini Touchpad anda bisa berjalan normal seperti yang saya alami . Mungkin hal seperti ini diakibatkan oleh konsleting listrik.

I. Restore Setting BIOS


Cara ketiga untuk mengatasi Toucpad tidak berfungsi adalah dengan melakukan restore settingan BIOS , anda harus berhati-hati kalau menggunakan cara ini karena kalau sampai salah bisa menyebabkan sistem gagal melakukan Booting karena BIOS setiap laptop itu berbeda - beda alangkah baiknya jika anda mengikuti tutorialnya berikut :
1. Matikan atau restart laptop anda.
2. Setelah itu tekan tombol F2 pada keyboard secara cepat ketika laptop melakukan booting. maka akan muncul menu BIOS. (jika kurang cepat, maka anda harus melakukannya dari ulang).
menu BIOS
3. lalu tekan tombol F9, untuk mengubah settingan menjadi default.
4. terakhir tekan tombol F10 untuk keluar.

J. Ganti Touchpad baru

Jika perbaikan sistem yang dilakukan masih tidak bisa mengatasi Touchpad yang bermasalah alangkah lebih baiknya kalau ditanyakan pada ahlinya ( Tukang Servis ) mungkin memang sudah kerusakan hardware dan harus diganti .


Demikian Postingan mengenai Cara memperbaiki Touhpad laptop yang bermasalah , jika ada cara lain yang mungkin bisa berguna silahkan ketikkan pada kotak komentar . postingan saya sebelumnya mengenai Download Software Tambah Group Facebook Terbaru Gratis


Follow Blog Orang IT dan Like FansPage helmykkediri serta untuk Donasi kepada Admin jangan lupa klik iklan yang ada di blog ini sekian dan terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Memperbaiki Touchpad Laptop tidak Berfungsi Normal"

Posting Komentar

Sumber artikel: Pengetahuan penulis , pos tamu , tulisan temen dan situs lain

Jika ingin melakukan full copas/nyepin cantumkan sumber , dari pada site-mu saya laporkan ke DMCA ditandai sebagai web spam dan disembunyikan dari Serp

Apabila ditemukan dead link tolong beri tahu saya melalui komentar

Tidak menerima pemasangan slot iklan apapun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel